Sukses

Jokowi Ajak Australia Investasi di ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Asean memiliki berbagai keunggulan baik dari segi geografis maupun demografisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Asean memiliki berbagai keunggulan baik dari segi geografis maupun demografisnya. Kondisi ini membuat dia yakin kawasan tersebut akan menjadi poros perekonomian baru dunia. 

Atas latar beakang tersebut, Australia sebagai salah satu  negara terdekat ASEAN diharapkan bisa memanfaatkan peluang tersebut, utamanya dalam hal investasi.

Demikan disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di CEO Forum, sebagai rangkaian dari KTT Khusus ASEAN-Australia, di International Convention Center, Sydney, Australia, Sabtu, (17/3/ 2018).

"Poros perekonomian dunia sedang bergeser dari Atlantik ke Pasifik, pertumbuhan ekonomi tertinggi saat ini ada di Asia Pasifik. Lalu siapa yang tepat berada di tengah-tengah Asia Pasifik, adalah Asean,” kata Jokowi, dalam keterangan tertulis.

Letak Asean yang berada di tengah, di antara India, Asia Tengah, dan Timur Tengah berada di sebelah barat, kemudian Tiongkok, Korea, dan Jepang di sebelah utara, serta Australia dan Selandia Baru di sebelah selatan, membuat ASEAN menjadi kawasan yang strategis.

"Namun selain itu, ada hal penting lainnya yang sedang tumbuh di Asia Pasifik dan ASEAN, yaitu kelas menengah. Termasuk sekitar 630 juta populasi di Asia Tenggara," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, seiring dengan pertumbuhan era digital yang berpengaruh pada sektor perekonomian, juga berdampak terhadap berubahnya pola konsumsi pada masyarakat kelas menengah di Asean. Media sosial, menurut Presiden, adalah salah satu faktor utama pemicu perubahan tersebut.

"Saya bisa mengatakan bahwa selfie adalah penemuan atau ciptaan abad ini, karena selfie telah mengubah dunia,” ujar Jokowi.

Jokowi pun kemudian memberikan  contoh sebuah objek wisata alam bernama Kalibiru  di Yogyakarta, Indonesia. Di sana orang rela antre berjam-jam hanya untuk berfoto (selfie) yang sempurna.

"Kalangan menengah dan muda saat ini tertarik dengan pengalaman dan petualangan dibanding barang-barang mewah, hal ini tentu berdampak pada melonjaknya sektor pariwisata global,” ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jokowi menyebutkan data Bloomberg, meskipun pertumbuhan ekonomi dunia saat ini berada di sekitar 3 persen per tahun, tetapi industri pariwisata global tumbuh lebih dari 7 persen per tahun. Tentu ini merupakan peluang yang luar biasa bagi Asean dan Australia.

"Bukan saja hanya menjadi destinasi wisata dan peningkatan jumlah turis baru dari Australia, namun Australia juga memiliki peluang bisnis dalam membantu pembangunan industri pariwisata di Asean,” ungkap Jokowi. 

Saat ini berbagai proyek infrastruktur di negara-negara Asean sedang dibangun untuk menunjang melonjaknya sektor pariwisata. Mulai dari perbaikan dan pembangunan bandar udara, pelabuhan, jalan tol, bahkan kereta api super cepat.

"Namun, kita masih membutuhkan banyak infrastruktur dan hal ini merupakan peluang bagi pelaku bisnis di Australia," tutur Jokowi.

Selain sektor pariwisata, dalam kesempatan tersebut Presiden juga menyampaikan bahwa sektor tabungan finansial juga tengah merebak di kalangan menengah Asean. Dana tersebut tentunya dapat dimanfaatkan antara lain untuk pendanaan proyek infrastruktur, industri, dan sektor e-commerce.

"Asean harus membangun pasar modal regional yang besar, seperti halnya Euro-dollar markets dan pasar modal zona Eropa. Dan ini juga menjadi peluang besar bagi bank-bank dan institusi finansial di Australia,” tutur dia.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap, Asean dan Australia dapat terus meningkatkan hubungan kerja samanya, utamanya dalam hal perdagangan, pariwisata, dan investasi.

"Saya menantikan untuk menyambut Australia di ASEAN, dan Indonesia,” tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Australia