Sukses

Pekan Depan, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Lebaran Gratis

Tidak hanya bus, Kemenhub juga sudah menyiapkan angkutan kapal feri gratis bagi pemudik saat lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka pendaftaran bagi orang yang hendak mudik gratis dengan bus pada pekan depan. Tidak hanya bus gratis, Kemenhub juga sudah menyiapkan angkutan kapal feri gratis bagi pemudik saat lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan, ada ribuan bus untuk berbagai rute dan truk pengangkut motor yang telah ia persiapkan, dengan pemberangkatan awal di Jakarta.

"Sudah saya rapatkan, ada ribuan unit bus, termasuk beberapa truk untuk angkut motor. Kita persiapkan beberapa rute dari Jakarta, yaitu ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat," jelasnya ketika dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (18/3/2018).

Dia menuturkan, pemudik yang hendak berangkat dengan bus mudik gratis itu sudah bisa mendaftar secara manual mulai Senin atau Selasa besok di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jabodetabek.

"Minggu depan sudah buka pendaftaran manual dulu melalui kantor Dishub Jabodetabek. Harapan saya Senin (bisa dibuka), dan saya pastikan Selasa sudah dibuka," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng Jasa Raharja

Adapun penyediaan bus mudik gratis itu Kemenhub lakukan lewat kerjasama dengan Jasa Raharja. Dana angkutan tak berbayar tersebut didapat lewat kolaborasi dari APBN dan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) Jasa Raharja.

Lewat kerjasama tersebut, total ada sekitar 2 ribu bus gratis yang diperuntukkan sebagai angkutan mudik. Bus-bus itu direncanakan sudah dapat memulangkan pemudik ke tempat asalnya sekitar seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri berlangsung pada 14 Juni 2018.

"Kurang lebih 2.000 bus itu nanti sudah dapat beroperasi antara tanggal 7-9 Juni," tukas Budi.

3 dari 3 halaman

Kapal Feri Gratis

Selain bus gratis, pemudik juga akan dimanjakan dengan keberadaan kapal feri gratis. Budi meneruskan, Kemenhub sudah menyiapkan 3 kapal feri dari Jakarta yang akan diberangkatkan menuju tiga tempat.

"Ada juga 3 kapal feri, untuk ke Semarang, Surabaya dan Lampung. Masing-masing rute 1 kapal," ujarnya.

Kemenhub mengadakan proses lelang untuk menentukan siapa pihak yang bisa diajak bekerjasama terkait pengadaan kapal feri mudik gratis itu.

Namun begitu, Budi mengaku belum mengetahui lebih lanjut apakah sudah ada pihak yang keluar sebagai pemenang lelang. "Lagi proses, saya belum tahu," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini