Sukses

Besi Proyek Rusun Pasar Rumput Jatuh, Waskita Karya Minta Maaf

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan kerja pada proyek pembangunan infrastruktur kembali terjadi. Kali ini, sebuah besi Hollow jatuh dari lantai 10 proyek Rumah Susun atau Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan hari ini (18/3/2018). Satu orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Kontraktor proyek Rusun, PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyampaikan permintaan maaf dan duka yang mendalam kepada keluarga korban atas kejadian jatuhnya besi hollow 4x4 cm pada Minggu ini pada proyek Rusun Pasar Rumput. 

"Saat ini kami membantu proses pemakaman korban atas nama Tarmina di Menteng Pulo Jakarta setelah sebelumnya ditangani di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, Jakarta," kata Kepala Divisi I Waskita Karya, IGN Joko Herwanto dalam keterangan resminya di Jakarta, hari ini.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait melakukan investigasi atas penyebab jatuhnya besi hollow tersebut.

"Atas kejadian tersebut, kami menghentikan sementara seluruh kegiatan pembangunan atas proyek Rusun Pasar Rumput," tegas Joko.

Hal ini, kata dia, dilakukan manajemen untuk mengevaluasi dan investigasi menyeluruh serta mengetahui perbaikan yang perlu dilakukan.

“Kami memutuskan untuk melakukan pemberhentian sementara (proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput) agar segera bisa evaluasi dan pembenahan," tandas Joko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Besi Proyek Rusun Pasar Rumput Jatuh Timpa Warga hingga Tewas

Sebuah besi Holo jatuh dari lantai 10 proyek pembangunan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput RT 05/RW 04, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.25 WIB. Akibatnya, satu orang warga meninggal dunia.

"Korban Tarminah (perempuan), Jakarta 05 Mei 1964 alamat Tambang II Komplek Polri RT 05 RW 05 Pegangsaan Jakarta Pusat," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh Prakoso, Minggu (18/3/2018).

Berdasarkan keterangan salah seorang saksi bernama Nurhayati, sekitar pukul 09.25 WIB, korbantengah membeli sayuran di tempat saksi. Tiba-tiba sebatang besi Holo dengan panjang sekitar 3 meter jatuh dari proyek yang tengah dikerjakan PT Waskita itu mengenai kepala korban.

"Seketika korban langsung tersungkur dan mengeluarkan darah dari kepala," katanya.

3 dari 3 halaman

Meninggal Saat Tiba di RSCM

Kemudian, korban langsung dibawa oleh warga bernama Dedy Supriyadi ke Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) menggunakan bajaj.

"Namun sesampainya di RSCM sekira jam 10.00 WIB oleh dokter jaga RSCM, korban dinyatakan meninggal," katanya.

Polisi tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 09.45 WIB dan melakukan olah TKP. Barang bukti besi langsung diamankan petugas. Lokasi kejadian langsung diberi garis polisi dan dijaga anggota polisi. Saat ini kejadian tersebut masih dalam penyelidikan Polsek Metro Setiabudi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.