Sukses

Kembali Jadi Presiden Rusia, Ini Gaya Hidup Mewah Vladimir Putin

Sosok Vladimir Putin dikabarkan memiliki harta yang berlimpah. Tak heran apabila dia bisa menikmati gaya hidup yang serba mewah.

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin dipastikan kembali menjabat sebagai Presiden Rusia setelah menang dalam pemilihan umum (pemilu) yang digelar Minggu, 18 Maret 2018 waktu setempat. Sebelum sukses mengalahkan kandidat lain, pria 65 tahun ini memang sudah digadang-gadang sebagai calon terkuat Presiden Rusia tahun ini.

Putin sudah beberapa kali didapuk sebagai sosok paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes. Putin dianggap bisa mengontrol kekuatan besar, baik di dalam Rusia maupun ke beberapa sekutunya.

Selain itu, sosok yang dikabarkan dekat dengan Donald Trump ini juga memiliki harta berlimpah. Tak heran apabila media sering menangkap momen Putin sedang menikmati gaya hidup yang mewah.

Dilansir dari Express.co.uk, CEO dari Hermitage Capital Management Bill Browder mengatakan Putin bisa memiliki kekayaan senilai US$ 200 miliar. Jika dibandingkan, nilai kekayaan tersebut jauh lebih besar dengan apa yang orang terkaya dunia atau Jeff Bezos saat ini miliki.

Jika memang ini benar terjadi, maka Vladimir Putin pun bisa menjadi orang paling kaya di dunia.

Lalu apa saja kebiasaan hidup mewah dari Presiden Rusia satu ini? Berikut ulasannya dilansir dari Myfirstclasslife.com:

1. Gemar mengkoleksi jam tangan mewah

Salah satu aksesoris fesyen yang sangat digandrungi oleh pria adalah jam tangan. Benda ini dianggap akan memberikan wibawa bagi pemakainya apalagi jika jam tangan tersebut berasal dari merek terkenal.

Hal yang sama dilakukan oleh Putin. Ia rela menggelontorkan hartanya untuk membeli berbagai jam tangan mewah. Bahkan total nilai dari koleksi jam tangan mewahnya mencapai US$ 750 ribu atau setara dengan Rp 10,4 miliar.

Salah satu koleksi termahal Putin ialah koleksi jam tangan Lange & Sohne yang terbuat dari kristal dan dihiasi emas seharga US$ 500 juta atau setara dengan Rp 6,9 triliun. Menariknya, harga jam tangan tersebut setara dengan lima tahun gaji Putin sebagai Presiden Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Punya kapal pesiar mentereng

Bagi sebagian orang, memiliki sebuah kapal pesiar merupakan pencapaian yang luar biasa. Namun bagi Putin hal itu tidak berlaku. Seakan tidak cukup hanya memiliki satu,

Presiden Rusia ini memiliki empat kapal pesiar yang tersebar di beberapa laut di Rusia. Putin sering menggunakan kapal pesiar itu untuk menggelar pesta mewah.

Satu dari kapal pesiar itu merupakan pemberian dari orang terkaya di Rusia. Sisanya Putin mendapatkannya dengan merogoh koceknya sendiri. Rata-rata kapal pesiar tersebut didesain dengan sangat mewah. Bahkan ada yang harganya mencapai US$ 38 juta atau setara dengan Rp 527 miliar.

3 dari 7 halaman

3. 700 Mobil mewah

Vladimir Putin sangat memiliki ketertarikan besar pada mobil. Kabarnya, mobil pertama Putin merupakan hadiah dari sang ibu yang berhasil memenangkan lotre saat ia duduk di kuliah tingkat tiga.

Setelah berhasil menjadi penguasa Rusia, ia pun menyalurkan hasratnya dalam dunia otomotif dengan membeli berbagai mobil mewah. Total mobil mewah yang dimilikinya mencapai 700 unit. Putin bahkan memiliki sebuah mobil Formula 1 yang terparkir di garasinya.

Namun ia mengaku bahwa mobil produksi Rusia masih menjadi mobil favoritnya. Mobil termahal yang dimilikinya adalah sebuah limosin seberat 3,5 ton yang tahan terhadap roket.

4 dari 7 halaman

4. 43 pesawat terbang

Seperti presiden dan pimpinan negara pada umumnya, Putin juga memiliki pesawat kepresidenannya sendiri yang dapat mengantarnya menjalani berbagai tugas sebagai kepala negara Rusia.

Selain fitur yang canggih, pesawat kepresidenan Putin dilengkapi dengan interior mewah berlapis emas. Akan tetapi, seperti tidak cukup dengan pesawat kepresidenannya tersebut, Putin juga memiliki 43 pesawat terbangnya sendiri.

Jika ditotal, seluruh pesawat milik Putin memiliki nilai sebesar US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 13,8 triliun.

5 dari 7 halaman

5. 20 rumah mewah

Rumah adalah tempat di mana kita akan pulang, beristirahat dan mengembalikan diri kita setelah jenuh dan penat dengan dunia. Seperti kebanyakan orang pada umumnya, Putin juga memiliki rumah untuk tempatnya beristirahat.

Faktanya, ia memiliki 20 rumah mewah yang tersebar di seluruh penjuru Rusia. Sebagian besar berupa condominum dan bangunan mirip istana. Rumah-rumah ini memiliki desain yang sangat bagus dan interior penuh barang mewah.

Satu rumah rumah paling mewah yang dimilikinya bernama Putin’s Palace. Menurut arsitektur Italia, rumah ini menghabiskan dana sekitar US$ 1 miliar.

Rumah ini dibangun saat keadaan ekonomi Rusia sedang drop. Untuk itu Putin berusaha memblokir semua akses keluar mengenai informasi pembangunan rumahnya.

6 dari 7 halaman

6. Puluhan helikopter

Seakan tidak cukup berkeliling Rusia dengan 43 pesawat terbang, Putin juga memiliki 15 buah helikopter pribadi. Tiap helikopter pribadi milik Putin ini dilengkapi dengan berbagai persenjataan untuk alasan keamanan.

Salah satu koleksi helikopter Putin yang mewah ialah helikopter Mi-8 yang dibuat agar sesuai dengan kenyamanan dan keamanan Putin saat melakukan perjalanan.

7 dari 7 halaman

7. Pencicip makanan pribadi

Layaknya seorang raja, Putin memiliki orang kepercayaan yang bertugas untuk mencicipi makanan yang akan ia makan untuk berjaga-jaga kemungkinan adanya racun dalam makanan.

Bukan hanya sekedar pekerjaan paruh waktu, Putin mempekerjakan seseorang secara full time untuk mencicipi tiap makanan yang akan ia makan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini