Sukses

Kemenhub: Pembangunan Bandara Adi Soemarmo Solo Selesai Tahun Ini

Saat ini sedang dikerjakan perluasan apron dari yang semula panjangnya 540 meter ditambah 215 meter sehingga menjadi 755 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo akan selesai tahun ini.

Saat ini Bandara di Solo tersebut sedang dilakukan pembangunan infrastruktur sisi udara dan darat seperti misalnya perluasan apron, perluasan terminal penumpang serta pembangunan stasiun kereta di kompleks bandara tersebut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, proses pembangunan di bandara tersebut berlangsung lancar sesuai waktu selain itu juga tetap mengedepankan aspek keselamatan penerbangan selama proses pembangunan.

"Selain itu, pembangunan infrastruktur di Bandara Adi Soemarmo Solo ini setelah selesai nantinya untuk lebih meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan, terutama saat ada penerbangan haji yang akan tiba sebentar lagi. Mengingat bandara ini cukup padat penerbangannya saat dipakai penerbangan haji dan komersial secara bersamaan sehingga beberapa infrastruktur perlu dibangun dan dikembangkan lagi," ujar Agus di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Menurut Agus, frekuensi penerbangan haji Indonesia paling banyak berasal dari embarkasi Solo karena melayani jamaah dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Itulah sebabnya Bandara Adi Soemarmo perlu dikembangkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada jemaah ibadah haji dan umrah.

Untuk sisi udara, yang saat ini sedang dikerjakan adalah perluasan apron dari yang semula panjangnya 540 meter ditambah 215 meter sehingga menjadi 755 meter. Dengan penambahan tersebut, maka akan ada tambahan 5 parking stand lagi untuk pesawat narrow body jet seperti Boeing 737 series dan Airbus A320 series sehingga jumlahnya menjadi 15 parking stand.

Tambahan 5 parking stand narrow body tersebut bisa dikonversi untuk 3 pesawat wide body seperti Boeing B777, B747 serta Airbus A330 yang biasa dipakai untuk penerbangan haji.

Dengan adanya apron yang lebih luas ini, diharapkan pada saat ada penerbangan haji dengan pesawat besar tidak mengganggu operasional penerbangan komersial di bandara ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terminal Penumpang

Sedangkan untuk terminal penumpang saat ini sedang diperluas dari 13 ribu m2 menjadi 15 ribu m2.

Untuk multimoda, saat ini juga sedang dibangun stasiun kereta di kompleks bandara. Stasiun kereta bandara ini kemudian akan dihubungkan dengan stasiun kereta api Solo Balapan di kota Solo dengan rel sepanjang kurang lebih 13 km.

Di bandara Adi Soemarmo juga akan dibangun angkutan antarmoda kereta api dari bandara ke kota Solo. Kereta bandara ini untuk melengkapi moda transportasi yang sudah ada selama ini yaitu burs Damri, taksi, kendaraan pribadi dan sekarang kereta bandara serta pintu tol yang jaraknya hanya sekitar 800 meter dari bandara.

"Dengan demikian diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat dalam bepergian melalui bandara," lanjut Agus

Ia berharap pembangunan-pembangunan di kompleks bandara tersebut bisa selesai tahun ini. Tahun selanjutnya nanti akan dilanjutkan dengan perpanjangan runway dari 2.600 meter menjadi 3.000 meter sehingga operasional pesawat widebody seperti B777 akan bisa maksimal.

Saat ini Bandara Adi Sumarmo melayani hampir 3 juta penumpang per tahun dengan 66 pergerakan pesawat per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini