Sukses

Kesedihan Mentan Saat Melantik 13 Pejabat Eselon II

Mentan Amran Sulaiman melantik 13 pejabat eselon II di Kementerian Pertanian

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman melantik 13 pejabat eselon II. Mereka terdiri atas tujuh Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II a dan enam Pimpinan Tinggi Pratama eselon II b.

Amran berpesan agar pejabat yang dilantik hari ini dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

"Tujuan hidup kita hanya dua, beriman dan bermanfaat. Kita semua setiap saat bisa dilantik, bisa turun, bisa diganti bisa dipecat. Jangan menganggap ini tujuan, ini bagian dari pelayanan. Mohon saya diingatkan. Jangan diingatkan setelah keputusan dibuat," ungkap Amran Sulaiman, di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Namun, berbeda dari suasana lumrah sebuah acara pelantikan, acara pelantikan kali ini diselimuti suasana duka. Sebab, salah seorang pejabat yang seharusnya dilantik, Agus Sunarya, meninggal dunia.

Diketahui Agus seharusnya dilantik hari ini sebagai Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan di Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian.

"Salah satu putra terbaik kita Pak Agus kami harus lantik hari ini, tapi kemarin beliau lebih disayang Allah SWT. Beliau berpulang ke Rahmatullah," jelas Amran.

"Kami tetap memberikan penghargaan eselon II-nya juga pensiun di eselon II. Bahkan saya mengatakan kalau hal itu tidak sesuai regulasi yang ada selisih dari haknya itu ditanggung oleh pribadi Menteri pertanian," pungkas Amran Sulaiman.

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Sumber : Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RI Targetkan Ekspor Jagung ke Malaysia

Indonesia mengekspor 57 ribu ton jagung ke Filipina pada pekan lalu. Jagung tersebut merupakan hasil panen di Gorontalo.

‎Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat ditemui di Istana Kepresidenan. "Kami melaporkan kemarin yang ekspor jagung dari Indonesia ke Filipina, 57 ribu ton. Rencana target Gorontalo saja 100 ribu ton," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Dia menjelaskan, untuk selanjutnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan jagung asal Indonesia juga bisa masuk ke pasar Malaysia. Selain dari Gorontalo, jagung produksi Sumbawa dan Sulawesi Selatan juga berpotensi untuk diekspor.

"(Produksi jagung tahun ini?) Mudah-mudahan bisa 24 juta ton. Nanti selanjutnya kita ekspor dari Sumbawa, Sulawesi Selatan. (Target ekspor selanjutnya?)‎ Ke Malaysia. Karena Malaysia butuh 3 juta ton. Filipina 1 juta ton‎," kata dia.

Amran menuturkan, adanya ekspor tersebut diharapkan bisa mengatasi anjloknya harga jagung di tingkat petani. Sebab, saat ini jagung petani ‎jatuh di kisaran Rp 2.000-2.500 per kg.

"Sekarang ini harga jatuh nih di lapangan. Ada Rp 2.000-2.500. Makanya solusinya adalah kita ekspor.‎ Dulu kita impor 3,6 juta ton, Rp 10 triliun. Sekarang ini ekspor," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.