Sukses

Harga Cabai Turun pada Awal Pekan

Harga cabai di pasar Kebayoran Lama terpantau turun usai melambung pada pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai di pasar tradisional kini terpantau turun usai melambung pada pekan lalu. Salah satunya harga cabai rawit merah.

Uus (50), pedagang di Pasar Kebayoran Lama, menyatakan harga cabai seperti cabai rawit merah dan cabai merah keriting turun sejak Minggu, 18 Maret 2018.

"Cabai rawit merah sekarang modalnya Rp 45 ribu, dijual Rp 50 ribu. Kalau sebelumnya modal Rp 54 ribu dijual Rp 70 ribu," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (19/3/2018).

"Cabai keriting merah juga, sekarang modalnya Rp 48 ribu, dijual Rp 50 ribu. Kemarin modal Rp 55 ribu, dijual Rp 60 ribu," ucap dia.

Sedangkan harga cabai rawit hijau stabil. Ia menyatakan, modal yang dikeluarkan untuk cabai itu Rp 40 ribu, dan ditawarkan ke pembeli dengan harga Rl 45 ribu.

Harga tomat dan kentang juga kompak merosot. Harga jual tomat turun dari Rp 14 ribu menjadi Rp 10 ribu dan kentang turun dari Rp 16 ribu jadi Rp 15 ribu.   

Kenaikan justru terus terjadi untuk bawang putih cutting. Jika sebelumnya modal yang diperlukan Uus Rp 40 ribu dengan harga jual Rp 45 ribu, sekarang ia harus punya modal Rp 50 ribu dan dijual Rp 55 ribu.

Harga bawang merah juga ikut naik. Uus harus keluarkan modal menjadi Rp 34 ribu dan harga jual Rp 38 ribu. Sebelumnya, modal bawang merah adalah Rp 28 ribu, dan dijual 32 ribu.

Naik-turunnya harga cabai dan sayuran sudah lama dirasakan pedagang seperti Uus. Namun begitu, ia tak mau harga jual dibuatnya terlalu tinggi dari harga modal. "Kalau dijual tinggi dari modal, enggak laku," ujar dia.

Sementara itu, pedagang lainnya bernama Cantiri (45) menyebutkan, harga yang diberikan distributor memang sudah tinggi.

"Mereka bilang, musim hujan pada rontok hasil panennya, jadi enggak banyak. Banyak hama cacing dan wereng yang gerogotin sayuran," ujar Cantiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelang Akhir Pekan Lalu, Harga Cabai Sempat Melambung

Sebelumnya, harga cabai rawit merah, cabai merah keriting, dan bawang putih di pasar tradisional pada pertengahan Maret ini masih tinggi. Tak tanggung-tanggung, nilai jual untuk barang kebutuhan dapur tersebut meningkat dua kali lipat.

Iwan (28), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, bercerita meningkatnya harga sudah terjadi dalam kurun waktu sekitar satu minggu. Hal ini, menurut Iwan, didorong harga jual dari distributor yang tinggi. "Udah semingguan," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat, 16 Maret 2018.

cabai rawit merah mengalami kenaikan paling drastis. Iwan menuturkan, harga cabai rawit merah melambung dari Rp 30 ribu menjadi Rp 60 ribu.

Melonjaknya harga juga diikuti oleh cabai merah keriting dan cabai rawit hijau. Dari rentang Rp 25-30 ribu, cabai merah keriting naik jadi Rp 50 ribu. Sementara cabai rawit hijau kini Rp 40 ribu, dari sebelumnya Rp 30 ribu.

Tidak hanya cabai, harga bawang merah dan bawang putih juga naik. Harga bawang merah di kios kecil milik Iwan saat ini Rp 30 ribu dari sebelumnya Rp 25 ribu.

Selaras dengan bawang merah, harga bawang putih juga naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu. Iwan menyebutkan, bawang putih potong (cutting) lebih mahal, kini ia jual Rp 50 ribu.

Komoditas lainnya, yaitu tomat merah dan tomat hijau juga sedikit turun, dari Rp 10 ribu menjadi Rp 8 ribu. Hanya satu produk yang harganya masih stabil, yakni kentang. "Cuma kentang doang yang enggak naik, standar Rp 15 ribu," pungkas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.