Sukses

Bank Danamon Bagi Dividen Rp 134,44 per Saham

Pembagian dividen tunai 2017 Bank Danamon sekitar 35 persen dari laba bersih.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Danamon Tbk akan membagikan dividen tunai 2017 sebesar Rp 134,44 per saham. Jumlah dividen itu 35 persen dari laba bersih sekitar Rp 3,7 triliun.

Pembagian dividen tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Danamon pada Selasa (20/3/2018). Selain bagi dividen, sisa laba bersih sekitar satu persen digunakan untuk cadangan umum.

Ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Perseroan Terbatas. Sisa dari laba itu akan dibukukan sebagai laba ditahan Perseroan.Demikian mengutip dari keterangan tertulis, Selasa 20 Maret 2018.

Dalam RUPST juga membahas perubahan struktur manajemen. PT Bank Danamon Tbk menerima pengunduran diri Vera Eve Lim selaku direktur perseroan. RUPST juga menyetujui pengangkatan Takayoshi Futae sebagai komisaris dan Peter Benyamin sebagai komisaris independen.

RUPST juga  menyetujui pengangkatan Michellina Triwardhany sebagai Wakil Direktur Utama, Yasushi Itagaki sebagai Direktur, serta Dadi Budiana sebagai Direktur. Untuk Dewan Pengawas Syariah, RUPST menyetujui pengangkatan Asep Supyadillah, M.Ag sebagai anggota. 

Resmi Diakuisisi

PT Bank Danamon Tbk (BDMN) juga menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa pekan ini. RUPSLB PT Bank Danamon menyetujui akuisisi saham perseroan oleh Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ.

Akuisisi itu akan akibatkan ada perubahan anggaran dasar perseroan dan rencana aksi (recovery plan). Rencana aksi untuk mematuhi peraturan OJK. Rencana aksi itu untuk memastikan bank sistemik telah menerapkan opsi pemulihan yang kredibel dan wajar.

Sebelumnya, Bank of Tokyo Mitsubishi akan membeli 78,3 persen saham Bank Danamon secara bertahap. Padahal patokan membeli saham bank lokal hanya boleh sebesar 40 persen.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso meminta bank asing untuk datang kepada OJK jika ingin mengakuisisi saham bank lokal di atas 40 persen.

"Kalau berkehendak membeli lebih dari 40 persen, silakan datang bicara," kata Wimboh di kompleks Bank Indonesia (BI),Jakarta, Selasa 2 Januari 2018.

Sebenarnya, patokan 40 persen ini sesuatu yang harus diterapkan secara konsisten. Dengan begitu tidak akan ada yang melakukan akuisisi melebihi dari yang ditetapkan.

"Informasi itu kan masih andai-andai itu, mana sekian persen suruh datang ke kita, akan kita proses," ucap dia.

Namun dia mengaku belum mengetahui soal akuisisi Danamon yang menjadi 78,3 persen. "Suruh lapor dulu dong sini. Mana orang kertasnya belum kita lihat," tegas Wimboh.

 

Reporter: Yayu A.

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Adapun susunan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah dengan demikian menjadi:

 Dewan Komisaris :

Ng Kee Choe sebagai Komisaris Utama

Prof. Dr. J.B. Kristiadi Pudjosukanto sebagai Wakil Komisaris Utama (Independen)

Gan Chee Yen sebagai Komisaris

Manggi Taruna Habir sebagai Komisaris (Independen)

Ernest Wong Yuen Weng sebagai Komisaris

Made Sukada sebagai Komisaris (Independen)

Takayoshi Futae sebagai Komisaris*

Peter Benyamin Stok sebagai Komisaris (Independen)*

 

Direksi :

Sng Seow Wah sebagai Direktur Utama

Michellina Laksmi Triwardhany sebagai Wakil Direktur Utama**

Herry Hykmanto sebagai Direktur

Satinder Pal Singh Ahluwalia sebagai Direktur

Adnan Qayum Khan sebagai Direktur

Heriyanto Agung Putra sebagai Direktur

Rita Mirasari sebagai Direktur (Independen)

Yasushi Itagaki sebagai Direktur

Dadi Budiana sebagai Direktur

 

Dewan Pengawas Syariah :

 

Prof. DR. HM Din Syamsuddin sebagai Ketua

Dr. Hasanudin M. Ag. sebagai Anggota

Drs. Asep Supyadillah, M.Ag, sebagai Anggota

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.