Sukses

PLN Pasok 65 Juta VA Listrik ke Industri Baja

Dengan adanya tambahan suplai listrik sebesar 65 juta VA ini, PLN dapat turut andil dalam membantu operasional dan peningkatan kapasitas produksi industri serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) memasok sebesar 65 juta volt ampere (VA) listrik ‎kepada PT Indonesia Voda Steel yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur. Hal ini dalam rangka mendorong perekonomian di Ibu Kota melalui peningkatan produktivitas industri peleburan baja.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero), Haryanto WS mengatakan, dengan adanya tambahan suplai listrik sebesar 65 juta VA ini, PLN dapat turut andil dalam membantu operasional dan peningkatan kapasitas produksi industri serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia menyatakan, para pelaku bisnis di sektor industri ataupun sektor lainnya tidak perlu ragu untuk menjalankan usahanya di DKI Jakarta. Ini karena PLN menjamin ketersediaan pasokan listrik di Ibu Kota guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Menurut Haryanto, PLN juga akan berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan listrik serta pelayanan terbaik dari PLN.

“Tahun 2018 ini, Indonesia berada di peringkat ke-38 dalam hal kemudahan mendapatkan listrik serta peringkat ke-72 dalam hal perbaikan layanan penyambungan listrik. Tentunya, PLN akan terus meningkatkan layanannya agar pelanggan dari segala segmen dapat dengan mudah mendapatkan akses listrik,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad mengungkapkan, PLN Disjaya siap memberikan suplai listrik kepada pelanggan, termasuk di sektor industri melalui beberapa produk unggulan, antara lain layanan prioritas, Power Bank Express Power Service, SPLU, serta PLN Mobile.

“Dengan segala perubahan zaman, pertumbuhan penduduk, termasuk perkembangan industri yang dinamis, PLN selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Usaha itu dilakukan dengan peluncuran berbagai produk serta pengembangan inovasi yang ditujukan semata-mata untuk kenyamanan pelanggan,” tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangan PLN Terangi 4 Desa di Pulau Morotai

PT PLN (Persero) tengah menyalurkan listrik ke empat desa di Pulau Morotai, yakni Desa Podimor Padange, Desa Bere-Bere Kecil, Desa Titigogoli dan Desa Hapo yang terletak di Kecamatan Morotai Jaya, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Saat ini, pengerjaannya sudah masuk pada tahap pemancangan tiang listrik dan pemasangan isolator di sepanjang jalur desa-desa tersebut. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menyampaikan, sudah ada 79 desa dari total 88 desa di Morotai yang telah teraliri listrik dan sedang dalam tahap konstruksi.

"Untuk itu, PLN menargetkan agar seluruh desa di Pulau Morotai dapat menikmati listrik di 2018. Dengan dilistrikinya desa-desa di Pulau Morotai, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kegiatan perekonomian antardesa di sana," tukasnya di Morotai, Minggu (18/3/2018).

Guna melistriki keempat desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 22,56 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,88 kms serta 4 buah Gardu Distribusi dengan total nilai investasi sebesar Rp 3.069.886.000.

Ditargetkan listrik di keempat desa tersebut dapat menyala pada April 2018 ini, di mana listriknya akan dipasok dari PLTD Sopi 1x500 kilo Watt (kW) dan menyala selama 24 jam.

Dalam pengerjaan listrik desa ini, tiang-tiang listrik yang digunakan untuk jaringan listrik di keempat desa harus diangkut melalui jalur laut dari Ternate dengan waktu tempuh mencapai 1 hari perjalanan jika cuaca normal.

Tidak jarang, kapal pengangkut kesulitan berlayar karena ombak kencang yang berada di perairan sekitar Pulau Morotai. Namun, di tahun 2018 ini pengangkutan tiang sudah dapat dilakukan melalui Tobelo sehingga dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk membawa tiang-tiang tersebut.

Nantinya, setelah pengerjaan konstruksi listrik selesai, maka sebanyak 388 kepala keluarga (KK) dari empat desa tersebut bakal menikmati listrik. Pulau Morotai merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki potensi wisata bahari.

Mata pencaharian sebagian penduduk di sana adalah petani kelapa dan nelayan. Hal ini akan semakin membangun potensi perekomian masyarakat ketika listrik masuk.Tahun ini, PLN menargetkan akan melistriki 290 desa di Maluku Utara. Adapun secara nasional, Rasio Desa Berlistrik telah mencapai 97,1 persen pada 2017, sehingga total desa berlistrik pada Januari 2018 adalah sebanyak 75.735 desa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN