Sukses

Seluruh Desa di Indonesia Bakal Nikmati Listrik Tahun Ini

Bagi daerah yang masih terisolasi, pasokan listrik akan mengandalkan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mendata bahwa jumlah desa yang belum mendapatkan listrik mengalami kenaikan. Namun perusahaan listrik negara tersebut yakin bahwa pada tahun ini seluruh desa tersebut bisa mendapatkan aliran listrik. 

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan, ‎mengalirkan listrik ke desa masih menjadi prioritas PLN. jumlah desa mengalami penambahan dari 2.510 desa menjadi 3.660 desa dan 1.600 dusun yang mengalami pengembangan.

"Program listrik pedesaan terjadi pengembangan desa lama dan penambahan desa baru‎," kata Syofvi, dalam Desiminasi RUPTL PLN 2018-2027, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (23/3/2018).

Menurut Syofvi, PLN dan pemerintah perupaya untuk mencapai rasio desa berlistrik 100 persen pada 2018. Untuk merealisasikan target tersebut akan dilakukan berbagai upaya.

Upaya tersebut diantaranya adalah perluasan jaringan distribusi dari sistem kelistrikan terdekat yang sudah beroperasi‎, disertai dengan penambahan pembangkit yang diperlukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Terisolasi

Bagi daerah yang masih terisolasi, pelosok dan perbatasan dengan negara tetangga dan tidak ada potensi Energi Baru Terbarukan (EBT), pasokan listrik akan mengandalkan Bahan Bakar Minyak (BBM).

PLN dan Pemerintah juga akan menggunakan EBT seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal, solar home system.

Untuk mengejar elektrifikasi, pemerintah akan melakukan pra elektrifikasi menggunakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

"Setelah masuk LTSHE, PLN akan menyambungkan listrik dalam dua samapi tiga tahun, baru masuk ke daerah yang pra elektrifikasi," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik