Sukses

Lebih Hemat, Dua Industri Pelanggan Batu Bara Beralih ke Gas Bumi

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menyalurkan gas bumi ke dua industri di Sidoarjo, Jawa Timur dan Medan, Sumatera Utara. Dua industri ini menambah jumlah pelanggan perusahaan yang sudah mencapai ribuan pelanggan.  

"Baru-baru ini kami menambah pelanggan gas bumi PGN di area Sidoarjo dan Area Medan. Keduanya merupakan golongan industri," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (23/03/2018).

Rachmat mengatakan, pelanggan baru di area Sidoarjo datang dari PT Nusa Palapa Gemilang. Perusahaan ini bergerak di bidang industri pupuk.

"Selama ini mereka menggunakan batu bara untuk kebutuhan bahan bakar produksinya," ujar Rachmat.

Sebagai pelanggan baru, Rachmat mengatakan, PT Nusa Palapa baru akan menyerap gas sebesar 55 ribu meter kubik per bulan. Volume penyaluran gas tersebut, menurut Rachmat bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan riil industri tersebut.

Tak jauh berbeda, PT Alfo Citra Abadi di Medan menjadi konsumen gas bumi setelah selama ini selalu menggunakan batu bara.

"Salah satu perusahaan aluminum extrusion terbesar di Medan ini memutuskan untuk beralih ke gas bumi PGN," kata Rachmat.

Penyebabnya, perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga seperti jendela, lemari, tanggan, dan pintu berbahan aluminium ini merasakan manfaat yang lebih besar dengan menggunakan gas bumi.

"Biaya produksinya menjadi lebih efisien dan gas bumi lebih bersih serta ramah lingkungan," ujar Rachmat.

PGN Area Medan menyalurkan gas sebesar 240 ribu meter kubik per bulan untuk PT Alfo Citra Abadi.

"Volume pemakaian gas bumi ini akan terus meningkat di masa yang akan datang," ujar Rachmat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Infrastruktur Gas Bumi

Rachmat mengatakan, sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, perusahaan optimistis penambahan pelanggan ini akan mendongkrak kinerja PGN menjadi semakin baik. Pada tahun ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan tetap mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.

PGN akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada 2017, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 175 km dan saat ini mencapai lebih dari 7.453 km atau setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 1.741 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.991 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit), dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 192.489 pelanggan rumah tangga.

Pelanggan gas bumi perusahaan tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.