Sukses

PGN Tambah Konsumen Gas Bumi Sektor Industri

PGN menyalurkan gas mulai dari pelanggan residensial dan usaha kecil, komersial dan industri, serta transportasi.

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN menambah jumlah pelanggan gas bumi untuk sektor industri di Sidoarjo, Jawa Timur; dan Medan‎, Sumatera Utara.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, PGN berkomitmen untuk terus memahami kebutuhan dan kepuasan pelanggan dalam pemanfaatan gas bumi, dengan menyalurkan gas bumi ke pelanggan. Mulai dari pelanggan residensial dan usaha kecil, komersial dan industri, serta transportasi.

Kali ini, PGN berkomitmen menyalurkan manfaat energi baik dari gas bumi dirasakan oleh dua industri di Sidoarjo dan Medan.

"Baru-baru ini, kami menambah pelanggan gas bumi PGN di Area Sidoarjo dan Area Medan, keduanya merupakan golongan industri," kata Rachmat di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Rachmat mengungkapkan, pelanggan baru di area Sidoarjo datang dari PT Nusa Palapa Gemilang. Perusahaan ini bergerak di bidang industri pupuk. Perusahaan tersebut menyerap gas sebesar 55 ribu meter kubik per bulan.

Volume penyaluran gas tersebut, pasokan tersebut bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan riil industri tersebut. Sebelum mendapat pasokan gas, perusahaan tersebut menggunakan batu bara sebagai bahan bakar kegiatan produksinya.

"Selama ini mereka menggunakan batu bara untuk kebutuhan bahan bakar produksinya," ujar Rachmat.

Tak jauh berbeda dengan PT Nusa Palapa, PT Alfo Citra Abadi di Medan menjadi konsumen gas bumi setelah selama ini selalu menggunakan batu bara. Saat ini, perusahaan yang memproduksi alat-alat rumah tangga seperti jendela, lemari, tanggan, dan pintu berbahan aluminium ini merasakan manfaat yang lebih besar dengan menggunakan gas bumi

"Biaya produksinya menjadi lebih efisien dan gas bumi lebih bersih serta ramah lingkungan," ujar Rachmat.

Selain di Sidoarjo, PGN Area Medan menyalurkan gas sebesar 240 ribu meter kubik per bulan untuk PT Alfo Citra Abadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agresif Bangun Infrastruktur

PGN akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada 2017, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 175 km dan saat ini mencapai lebih dari 7.453 km atau setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 1.741 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.991 pelanggan komersial seperti hotel, restoran, rumah sakit dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 192.489 pelanggan rumah tangga.

Pelanggan Gas Bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong Papua.

"Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, PGN optimistis penambahan pelanggan ini akan mendongkrak kinerja perusahaan menjadi semakin baik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.