Sukses

Pertama di RI, Bandara Baru Bintan Bakal Berkonsep Resort

New Bintan International Airport ini akan melayani berbagai penerbangan internasional.

Liputan6.com, Tanjung Pandan - Bintan Aviation Investment telah menggandeng PT Angkasa Pura II (Persero) untuk membangun bandara baru bertaraf internasional di Bintan, Kepulauan Riau. Konsep bandara baru ini akan berbeda dari bandara yang ada di Indonesia.

Berfungsi sebagai bandara khusus untuk mendukung sektor pariwisata di Bintan, New International Airport Bintan bakal dibangun dengan konsep resort. Dengan konsep tersebut ini bakal pertama kali di Indonesia.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bandara baru ini nanti akan dikelola oleh AP II, hanya saja Bintan Aviation Investment akan menjadi investor.

"Sebenarnya sudah banyak contohnya di beberapa negara di mana ada bandara yang dibangun khusus sebagai fasilitas pendukung pariwisata, misalnya di Maldives," kata Awaluddin di Bintan, Jumat (23/3/2018).

Saat ini di Bintan sendiri tengah dikembangkan menjadi kawasan wisata resort keluarga. Setidaknya ada 12 hotel dan resort yang memiliki fasilitas bintang lima yang memiliki berbagai keindahan alamnya.

"Makanya bandara ini akan dibangun dengan komsep resort, mulai dari interiornya hingga desain terminalnya," tegas Awaluddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layani Penerbangan Internasional

Dijelaskan Awaluddin, ke depan, New Bintan International Airport ini akan melayani berbagai penerbangan internasional. Sedangkan Bandara Tanjung Pinang bakal difungsikan sebagai hub penerbangan domestik.

Di kesempatan yang sama, Managing Director Bintan Aviation Investment Michael BK Wudy menjelaskan bandara yang bakal dibangun ini akan memiliki panjang landasan 3000 meter (m) dengan lebar 45 m.

"Dengan konsep ini kita ingin pesawat besar seperti Boeing 777 dan Airbus 340 bisa landing di sini," tegasnya.

Tak hanya itu, di bandara baru ini juga bakal dibangun kawasan Maintenance, Repair, Overhaul (MRO). Saat ini sudah ada Sriwijaya Air yang sudah bekerjasama dengan Bintan Aviaton Investment untuk mengembangkan MRO di bandara ini.

"Harapannya nanti pada 2020 bandara sudah bisa dioperasikan," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Angkasa Pura II atau AP II adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengusahaan bandar udara di Indonesia.

    Angkasa Pura II

  • Bintan