Sukses

Menperin: Industri Motor Modifikasi Akan Diperlakukan Mirip IKM

Jokowi meminta kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendukung pengembangan industri sepeda motor modifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto untuk mendukung pengembangan industri sepeda motor modifikasi. Namun, dalam dukungan tersebut Jokowi meminta agar Kementerian Perindustrian tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan.

Airlangga mengatakan, industri motor modifikasi akan diperlakukan seperti pada industri kecil menengah. "Industri custom itu kan masuk industri kecil menengah," kata Airlangga usai olahraga pagi bersama Presiden Joko Widodo di Kebun Raya Bogor, Sabtu (24/3/2018).

Ia mencontohkan, di Amerika Serikat (AS), Harley Davidson pun merupakan industri custom atau modifikasi. "Perlindungan dan fasilitas yang diberikan pun sama seperti untuk industri kecil dan menengah," katanya.

Jokowi mengatakan kedatangan Menteri Airlangga menemui dirinya untuk melihat bagaimana sebenarnya motor modifikasi yang dimilikinya.

Presiden Jokowi tiba di halaman Istana Bogor menemui Menteri Airlangga dengan mengendarai sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper miliknya.

"Pak Airlangga mau lihat sepeda motor sebenarnya, mau lihat sepeda motor itu loh. Beliau kan di perindustrian, mau lihat," kata Presiden Jokowi.

Ketika ditanya rencana pengembangan industri sepeda motor modifikasi ke depan, Airlangga mengatakan pemerintah akan terus mendorong perkembangannya.

"Industri motor custom akan didorong, custom kan tidak semua pakai standard, jadi kalau tidak diproduksi massal ya tidak apa-apa, asal safety saja terjamin," kata Airlangga.

Reporter : Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Cawapres?

Untuk diketahui, Jokowi dan Airlangga berolahraga bersama di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu pagi. Keduanya bertemu di Istana Kepresidenan Bogor.

Kepala Negara mengenakan pakaian olahraga berupa kaus warna kuning, celana olahraga warna hitam, dan sepatu warna abu-abu. Sementara Airlangga mengenakan atasan berwarna putih, celana olahraga berwarna hitam, dan sepatu warna hitam.

Airlangga kemudian menghampiri Presiden Jokowi setelah turun dari sepeda motornya. Kemudian mereka berjalan kaki menuju Kebun Raya Bogor.

Selama perjalanan tampak kedua tokoh menyapa sejumlah warga yang sedang berolahraga. Sejumlah warga juga tampak mengajak bersalaman dan berswafoto dengan kedua tokoh itu. Demikian dilansir dari Antara.

Presiden Jokowi mengaku bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membahas sejumlah hal, di antaranya soal calon wakil presiden untuk Pilpres 2019, di sela kegiatan olahraga pagi bersama di Kebun Raya Bogor, Sabtu.

"Ya ngobrol yang ringan-ringan, ngobrol mengenai Golkar, mengenai cawapres, bicara masalah negara, ya macam-macam wong namanya sambil jogging kan enggak apa-apa. Yang ringan-ringan saja," kata Jokowi menjawab pertanyaan tentang apa saja yang diobrolkan saat olahraga bersama itu.

Ia menyebutkan terkait cawapres, yang dibicarakan antara lain mengenai kriteria yang diinginkan Golkar.

"Ya tetap saya sampaikan mengenai kriteria-kriteria yang mungkin di Golkar, kriteria apa sih yang diinginkan di Golkar," kata dia.

Ia menyebutkan pembahasan cawapres Pilpres 2019 baru sebatas kriteria, belum ke orangnya. "Di internal kita sendiri itu juga belum rampung," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.