Sukses

Tips Jualan di Internet dari Bos Blanja.com

Bukan tugas dari market place manapun untuk menjelaskan secara detail soal produk.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Blanja.com, Aulia E. Marinto mengajak para pelaku e-commerce untuk lebih aktif mempromosikan produk-produk kepada masyarakat. Hal ini akan mendorong semakin besar kemungkinan produk tersebut lebih dikenal.

"Harus aktif juga. Kalau sudah di market place dia jangan menganggap tugas selesai. Jangan cuma tunggu transaksi," ungkapnya di Acara 'Telkom Craft Indonesia' di JCC, Jakarta, Sabtu (24/3/2018).

Ia juga meminta agar pelaku usaha yang telah memasarkan produk di market place, untuk menggencarkan promosi melalui berbagai sarana media sosial agar semakin dikenal.

"Bukan tugas market place manapun untuk menjelaskan secara detail soal produk dan kenapa orang harus beli produk. Itu harus bisa dijelaskan sama pemilik produk," kata dia.

Sebab, sebagus apa pun produk yang ditawarkan di market place, mesti didukung dengan penjelasan yang memadai dan terperinci.

"Ada banyak yang bagus, tapi tidak ada nama, tidak ada branding disitu, maka harus sangat spesifik (dijelaskan)," tambahnya.

"Perkenalkanlah ke internet sehingga kalau orang cari produk itu bisa ketemu di internet. Baru setelah itu kita bicara siapa yang menjadi target produk," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik Sukses Jualan Online

Bisnis online tidak perlu diragukan lagi memang. Saat ini bisnis online sudah sangat merajalela, dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tentunya dalam bisnis online ini semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga persaingan dalam media sosial.

Apakah Anda juga tertarik atau memang sudah bergabung dalam bisnis online ini? Yuk perhatikan tips ini agar toko online Anda enggak sepi pengunjung:

1. Ikut Komunitas Penjual

Jangan biarkan diri Anda hanya sekedar berjualan, sesekali mengupgrade skill penjualan Anda juga penting lho. Hal ini sangat penting, agar Anda tau trik dan tips cara promosi toko online terkini.

Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di komunitas penjual online agar Anda juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan. Dari situ Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa memperluas jaringan pemasaran.

2. Sistem Pre-Order

Seperti yang kita ketahui, bahwa sistem pre-order saat ini sudah banyak sekali dijalankan oleh para pelaku bisnis toko online, agar tetap bisa produksi dan mempromosikan toko online meski modal mereka relatif terbatas.

Dengan sistem pre-order seperti ini, Anda bisa mendapatkan bayaran di awal. Hal ini merupakan solusi terbaik agar Anda bisa terlebih dahulu membeli barang yang dibutuhkan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran toko yang Anda punya.

3. Menjual Produk yang Memiliki Nilai

Kendati produk yang Anda jual sebenarnya sudah ada banyak di pasaran, tapi agar terlihat beda buatlah tampilan produk Anda lebih bernilai di depan calon konsumen. Misalnya dengan mengganti bungkusnya dengan kemasan produk yang menarik, atau bisa juga membubuhkan label brand pada produk tersebut.

Meski terlihat sederhana, tapi bisa meningkatkan nilai jual produk di mata konsumen lho. Enggak percaya? Coba saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini