Sukses

PLTP Tulehu Maluku Beroperasi Awal 2015

PLN memproyeksikan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Tulehu, Maluku dengan kapasitas 2x10 megawatt (MW) akan beroperasi pada awal 2015.

Liputan6.com, Jakarta: PT PLN (Persero) memproyeksikan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Tulehu, Maluku dengan kapasitas 2x10 megawatt (MW) akan beroperasi pada awal 2015.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyatakan pengoperasian pembangkit itu memperkuat pasokan listrik di wilayah itu.

"Saat ini di sana  masih pakai pembangkit listrik berbahan bakar diesel, dengan beroperasinya PLTP Tulehu maka biaya produksi listriknya bisa lebih murah," kata Nur Pamudji, Senin (26/11/2012).

PLN sebelumnya telah mendapatkan komitmen pinjaman lunak dari lembaga keuangan asal Jepang yaitu JICA sebesar US$ 80 juta. Pinjaman lunak bertenor 40 tahun dengan bunga 0,7%.

"Kami sudah dapat dana murah dari Jepang," jelasnya.

PLN telah menghabiskan dana Rp 70 miliar untuk mengebor satu sumur eksplorasi di wilayah kerja panas bumi Tulehu. "Kegiatan eksplorasinya berhasil dan sudah menghasilkan uap," tambahnya.

Saat ini PLN memperkirakan kapasitas PLTP hingga akhir tahun mencapai 1.400 MW. Perseroan baru saja mengoperasikan PLTP Ulubelu di Lampung dengan kapasitas  2x55 MW. (IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini