Semen Gresik Ganti Nama Jadi Semen Indonesia

  • Ekonomi
  • 0
  • 28 Nov 2012 16:48

Liputan6.com, Jakarta: PT Semen Gresik Tbk tengah merampungkan rencana perusahaan melakukan restrukturisasi korporasi. Salah satu yang tengah dimatangkan adalah perubahan nama perusahaan menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang akan menjadi induk usaha dari perusahaan semen milik negara.

Penegasan tersebut disampaikan Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Sutjipto dalam keterangan pers INvestor Summit 2012 di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

"Intinya adalah mengubah nama Semen Gresik menjadi Semen Indonesia," katanya.

Dwi menjelaskan, dengan perubahan tersebut, perusahaan selanjutnya akan mendirikan anak usaha yang akan mengurus operasional dari Semen Gresik. Manajemen mengaku ingin mempertahankan merek semen yang sudah terkenal di kalangan konsumen tersebut.

Dengan pembentukan induk usaha ini, Semen Gresik berharap upaya sinergi perusahaan akan bisa diterapkan perusahaan. Sementara Semen Indonesia akan fokus pad posisinya sebagai strategic holding serta berupaya meningkatkan daya saing perusahaan di industri semen nasional.

Beli Saham Baturaja

Pada bagian lain, Dwi menegaskan minatnya untuk membeli saham salah satu perusahaan semen nasional, PT Semen Baturaja. Pemerintah telah memutuskan akan melepas saham perusahaan ke publik lewat penawaran umum saham publik atau initial public offering (IPO).

Namun Dwi menegaskan minat perusahaan memiliki saham Semen Baturaja tidak akan dilakukan lewat mekanisme IPO. Semen Gresik kemungkinan akan masuk melalui saham-saham perusahaan yang tak dilepas lewat IPO.

"Semen Baturaja berpotensi untuk perbaiki Semen Gresik dan bagian dari sinergi nilai tambah baru secara bersama-sama," kata Dwi. (IGW)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler