Sukses

Indonesia Bakal Jadi Penghasil Listrik Panas Bumi Terbesar di Dunia

Indonesia akan menjadi negara penghasil listrik dari tenaga panas bumi terbesar di dunia pada 2015, menggeser Amerika Serikat. Pada saat ini produksi listrik dari panas bumi mencapai 2.200 MW.

Indonesia akan menjadi negara penghasil listrik dari tenaga panas bumi terbesar di dunia pada 2015. Pada saat itu total kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Tanah Air mencapai 2.200 megawatt (MW).

Hal tersebut seiring dengan mulai beroperasinya sejumlah PLTP hingga akhir 2015 yaitu PLTP Sarulla, PLTP Rantau Dedap, PLTP Muaralaboh, PLTP Sungai Penuh dan PLTP Rajabasa.

Sekretaris Jenderal Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djajang Sukarna, menyebut saat ini Indonesia tercatat sebagai produsen listrik panas bumi terbesar ketiga di dunia.

"Posisi pertama masih dipegang Amerika Serikat dan Filipina di peringkat kedua. Akhir tahun ini, kita salip Filipina lalu nanti pada 2015, kita akan susul Amerika," kata Sekjen Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djajang Sukarna saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (30/11/2012).

Indonesia merupakan negara dengan potensi panas bumi terbesar di dunia yaitu 29 ribu MW atau sekitar 40% dari total potensi panas bumi di dunia. Dari total potensi tersebut, baru sekitar 1.375 MW yang dikembangkan menjadi listrik hingga akhir tahun ini.

Pengembangan panas bumi di Tanah Air masih terhambat sejumlah kendala seperti besarnya biaya investasi, sulitnya pembebasan lahan hingga rumitnya izin pinjam pakai lahan dari Kementerian Kehutanan. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.