6 Pekerjaan untuk Usia 50-an Tahun

  • Ekonomi
  • 0
  • 01 Des 2012 13:51

pekerja121201a.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Apakah saat usia 50 tahun orang sulit mencari pekerjaan? Faktanya memang dunia kerja adalah dunia orang muda, sehingga karyawan-karyawan atau orang-orang yang sudah berusia setengah abad memang harus siap-siap mencari karir keduanya. Apa saja pekerjaan yang cocok untuk usia 50-an tahun?

Kerry Hannon dalam bukunya 'Great Jobs for Everyone 50+' seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (1/12/2012) mengatakan, saat ini negara-negara maju mulai mengalami perubahan demografis ke jumlah penduduk usia tua yang lebih banyak.

Menurut Pew Research Projections, pada tahun 2050 diperkirakan 1 dari 5 orang Amerika akan berusia di atas 85 tahun. Kondisi ini menurut Kerry akan banyak pekerjaan yang dibutuhkan untuk melayani orang-orang tua tersebut.

Perubahan demografis itu menurutnya justru menciptakan peluang untuk pekerjaan baru. Tapi untuk mendapatkan pekerjaan di bawah ini, Anda harus meningkatkan keterampilan sebelum Anda masuk di usia 50 tahun. Anda harus memaksimalkan kemampuan dan jaringan saat masih berada di karir pertama atau dunia kerja Anda saat ini.

Berikut adalah enam pekerjaan yang bisa Anda lakukan saat masuk usia 50 tahun:

1. Konsultan kesehatan

Deskripsi Pekerjaan: Anda membantu pasien dalam membuat sistem medisnya dengan mengisi formulir asuransi, mengurusi kesalahan penagihan, meminta kejelasan asuransi, mencari rumah sakit yang tepat, menemani pasien untuk beberapa pejanjian, negosiasi biaya dokter dan mengambil resep.

Bayaran: Sebesar US$ 15-50 per jam (setara Rp 144 ribu sampai Rp 490 ribu per jam), namun pendapatan ini bisa naik dengan meningkatnya pengalaman Anda.

Kualifikasi: Beberapa organisasi nirlaba di AS mengembangkan program pelatihan dan penerbitan sertifikat untuk ini Tapi pekerjaan ini sebenarnya tidak memerlukan lisensi.

2. Move Manager (Manager Pindahan Rumah)

Deskripsi Pekerjaan: Anda membantu para pensiunan untuk mencari rumah atau apartemen yang lebih kecil. Anda membantu klien untuk memilih rumah yang diinginkannya dan menjual rumahnya saat ini. Bahkan Anda membantu memilih perabotan baru untuk tempat tinggal klien.

Bayaran: Berkisar US$ 30-75 per jam (Rp 288 ribu-Rp 720 ribu per jam), tapi pendapatan ini juga bisa lebih.

Kualifikasi: Anda perlu memiliki pengetahuan desain interior.

3. Home Modification Pro (Pemodifikasi Rumah Lansia)

Deskripsi Pekerjaan: Anda memodifikasi atau menyesuaikan interior rumah tinggal para lansia berusia 60 tahun ke atas, yang tujuannya untuk mencegah kecelakaan di rumah. Seperti memodifikasi lantai, kamar mandi dan pekerjaan ini membuat Anda harus bekerja sama dengan kontraktor, arsitek atau desain interior.

Bayaran: US$ 40 per jam atau Rp Rp 384 per jam.

Kualifikasi: The National Association of Home Builders menawarkan kursus untuk mengajarkan desain dan teknik bangunan untuk meningkatkan kemampuan Anda.

4. Fitness Trainer (Pelatih Fitnes)

Deskripsi Pekerjaan: Anda membuat jadwal untuk latihan rutin baik untuk klien individu atau kelompok. Anda perlu menyesuaikan teknik latihan untuk orang dengan penyakit atau cacat tubuh tertentu. Anda juga bisa menjadi pelatih khusus aerobik, yoga atau renang.

Bayaran: US$ 17-30 per jam (setara Rp 163 ribu-Rp 288 ribu per jam) atau jika kota-kota besar mencapai US$ 60-100 per jam (setara Rp 575 ribu-Rp 960 ribu per jam).

Kualifikasi: Anda harus punya pengalaman kerja di klub-klub kebugaran, Anda punya kemampuan untuk melakukan pernapasan buatan (CPR).

5. Retirement Coach (Melatih orang untuk persiapan pensiun)

Deskripsi Pekerjaan: Banyak orang mengalami post power syndrome ketika memasuki pensiun. Pekerjaan Anda adalah mendengarkan kekhawatiran dan kecemasan para calon pensiunan ini dalam meneruskan hidup. Anda harus memberikan solusi-solusi yang tepat dan kreatif untuk bisa membangkitkan semangat para klien. Anda juga harus mengajarkan tips-tips atau langkah yang dilakukan agar tidak canggung hidup sebagai pensiunan.

Bayaran: US$ 50-400 per jam (setara Rp 480 ribu sampai Rp 3,840 juta per jam).

Kulaifikasi: Anda sebaiknya punya latar belakang pekerjaan sebelumnya di bidang sumber daya manusia, konseling atau pengajar.

6. Financial Planner (Perencana Keuangan)

Deskripsi Pekerjaan: Anda membantu para lansia mengelola uangnya dan mengalokasikan aset pensiunnya dengan tepat. Anda juga harus merancang asuransi yang cocok dan pembayaran pajaknya. Anda juga terkadang membantu klien membayarkan tagihan tepat waktu dan mencatat arus masuk dan keluar dari  klien.

Bayaran: US$ 120-300 per jam (setara Rp 1,5 juta sampai Rp 2,8 juta per jam).

Kualifikasi: Siapapun bisa menyebut dirinya perencana keuangan kalau mampu melakukan dengan tepat. Tapi sebaiknya Anda memiliki sertifikat yang membuat orang percaya bahwa Anda memang punya kemampuan disitu. Sertifikat ini bisa didapt dari institusi keuangan yang menyelenggarakan ujian Financial Planner atau dari kampus. (IGW)

 

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler