Sukses

Pertamina akan Naikkan Harga Gas Elpiji 12 Kg di 2013

Pertamina berencana menaikkan harga elpiji non-subsidi ukuran gas elpiji 12 kg pada tahun depan. Jika tidak dinaikkan, Pertamina bisa merugi hingga Rp 5 triliun.

Pertamina (Persero) berencana menaikkan harga elpiji non-subsidi ukuran gas elpiji 12 kg pada tahun depan. Jika tidak dinaikkan, Pertamina bisa merugi hingga Rp 5 triliun.

"Minggu depan kami akan kirim surat ke pemerintah soal usulan kenaikan elpiji non-subsidi untuk 2013," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, di sela acara peresmian Pertamina Corporate University di lokasi Pertamina Learning Center, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2012).

Hanung mengakui dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina telah meminta restu pemerintah untuk menaikkan elpiji non-subsidi. Namun hingga kini perseroan masih belum mendapatkan lampu hijau.

"Tidak ada alasan elpiji 12 kilogram ini disubsidi Pertamina karena mereka yang kurang mampu kan sudah disubsidi pemerintah dengan elpiji 3 kilogram," paparnya.

Kerugian yang terus ditanggung Pertamina dari penjualan elpiji non-subsidi sangat membebani keuangan Pertamina dan mengurangi setoran dividen pemerintah.

Dana sebesar Rp 5 triliun itu sebenarnya bisa dialokasi untuk investasi akan mendukung perseroan.

"Kami direksi punya tanggung jawab supaya perusahaan tidak rugi. Salah satunya mengindari kerugian berkelanjutan dari elpiji," jelasnya. (NDW/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini