2 Kapal Baru ASDP akan Dipakai untuk Jalur Penyeberangan Utama

  • Ekonomi
  • 0
  • 10 Des 2012 15:24

asdp-121210b.jpg

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan dua kapal baru yakni KMP Portlink I dan KMP Portlink II untuk segera melayani lintasan utama ASDP dalam waktu dekat ini. Selain bertujuan melayani penumpang, pengadaan kapal tersebut diharapkan menjadi motor peningkatan pendapatan pada tahun depan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro, mengatakan ASDP juga melakukan investasi besar untuk meningkatkan keandalan kapal-kapal demi bisa melayani pengguna jasa secara maksimal.

"Kini performance kapal-kapal yang sudah diremajakan memiliki kecepatan 12-14 knot dengan tingkat keamanan yang lebih baik. Jadi bisa melayani pengguna jasa lebih cepat dan tentunya lebih aman," ujar dia, Senin (10/12/2012).

Berdasarkan catatan, perusahaan pada tahun ini berencana menambah dua kapal bekas dan tiga kapal baru. Nilai pembelian untuk kapal bekas tersebut sebesar Rp 60 miliar untuk penempatan di Pelabuhan Merak dan Lombok. Sementara tiga kapal baru juga untuk Pelabuhan Merak dengan harga sekitar Rp 100 miliar per unit.

Selain peningkatan kuantitas dan kualitas armada kapal, pada tahun ini, ASDP juga melakukan penyempurnaan penerapan tiket elektronik di beberapa Cabang serta penyempurnaan di bidang strategi pola operasi kapal bekerjasama dengan mitra kerja dan pemerintah.

Dalam menghadapi perubahan lingkungan perusahaan, ASDP juga telah menyiapkan sumber daya manusianya melalui pembentukan roadmap. Perusahaan juga membangun Sistem Informasi Manajemen SDM yang disebut HURIS (Human Resources Information System) yang berbasis teknologi informasi.

"Tidak kalah penting, ASDP juga telah dan akan terus melakukan terobosan perubahan mindset SDM-nya dengan mengirimkan SDM perusahaan untuk melakukan benchmark pada industry best-practice di dalam maupun luar negeri," tambah Danang.

Dari sisi pendapatan dan laba perusahaan, tahun 2012 ini ASDP memperkirakan kenaikan pendapatan operasional sebesar 20% dari tahun 2011, dengan peningkatan laba sebanyak 3,3% dari tahun sebelumnya. ASDP optimis akan mendongkrak pendapatan dan laba di tahun 2013 nanti seiring dengan penambahan dan peremajaan alat produksinya. (NUR/IGW)

Terpopuler