Sukses

Subsidi BBM Bentuk Kebijakan Terboros di Dunia

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan subsdi bahan bakar minyak di tanah air merupakan kebijakan paling boros di dunia.

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan subsdi bahan bakar minyak (BBM) di tanah air merupakan kebijakan paling boros di dunia.  

Tak hanya itu, kebijakan ini juga dianggap naif karena justru memberikan bantuan subsidi pada masyarakat golongan kaya dalam jumlah sangat besar. "Kadin justru bertanya, mengapa kebijakan yang merusak APBN Ini justru dipertahankan," kata Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, Selasa, (11/12/2012).

Kadin menganggap beban subidi BBM sudah sangat besar dan tak rasional. Kondisi ini justru bisa merusak struktur anggaran negara yang tak sehat. Indonesia juga dibuat seolah-olah berada dalam posisi terbelenggu. Akibatnya sejumlah rencana pembangunan infrastruktur tak jadi terealisasi dan munculnya ekonomi semu.

"Akibat subsdi BBM, politik penganggaran tak tepat sasaran, boros, dan menyandera. BBM ini yang menikmati justru kita-kita ini," kata Suryo.

Namun demikian, Kadin menegaskan kebijakan penghentian subsidi BBM ini harus diimbangi dengan upaya penghematan. Dana hasil subsidi harus dikembalikan dan dinikmat oleh masyarakat.

Suryo menegaskan, usulan pencabutan subsidi BBM ini sudah sejak lama disampaikan pemerintah. "Kami sudah usulkan pada pemerintah, bahkan usulan kami bukan menaikkan tapi sama sekali menghapuskan BBM. Lepaskan BBM ke harga internasional," tegas Suryo.(SHD/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini