Kenapa Biaya Sambung Listrik Beda-beda?

  • Ekonomi
  • 0
  • 12 Des 2012 08:16

biaya-sambunglistrik121212a.jpg
Biaya penyambungan listrik baru di masing-masing wilayah saat ini berbeda-beda. Hal ini terkadang membuat masyarakat yang akan meminta sambungan listrik menjadi bingung dan bertanya-tanya, berapa sih sebenarnya tarif normal untuk mendapat pasokan listrik dari PT PLN (Persero)?

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN,  Bambang Dwiyanto menyatakan tarif penyambungan listrik baru dari PLN, seluruhnya memiliki biaya yang sama di Indonesia.

Tarifnya yaitu sekitar Rp 750 per volt ampere (VA) untuk pelanggan 450 VA-2.200 VA. Sedangkan untuk pelanggan di atas 2.200 VA tarifnya Rp  775 per VA.

Simulasinya: Jika Anda memasang listrik dengan daya 450 VA, dengan biaya pasang Rp 750 per VA maka Anda harus menyetor Rp 337.500 ke PLN. Sementara untuk daya 900 VA harus membayar Rp 675 ribu.

Anda pasti kaget kenapa bisa murah, karena kenyataannya di lapangan, tarifnya bisa beberapa kali lipat dari angka ini.

Lalu kenapa itu terjadi?

Menurut Bambang, yang membedakan mungkin biaya pemasangan instalasi rumah dan biaya pemeriksaan instalasi di setiap rumah.

Instalasi rumah biasanya ditangani instalatir yang memiliki izin light operations dari Badan Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil). Tentunya, biaya pemasangan instalasi rumah akan sangat bergantung dari keperluan pelanggan.

"Kedua jenis biaya ini adanya di luar domain PLN," jelas Bambang saat berbincang dengan liputan6.com, Rabu (12/12/2012).

Lalu jika ada karyawan PLN yang menetapkan biaya penyambungan (di luar instalatir dan konsuil-red) lebih tinggi, apa ada sanksi?

Pasti ada sanksi bagi pegawai PLN yg nakal. Di peraturan disiplin pegawai diatur sanksi itu. Karena itu kami adakan akses layanan via online melalui web, email, call center, facebook dan twitter.

Mendaftar via channel-channel  tersebut biayanya pasti dan prosesnya cepat.

Kira-kira berapa lama ya untuk bisa dapat disambung listrik?

Jika tanpa perluasan jaringan sejak bayar biaya penyambungan maksimal 10 hari kerja. Kalau perlu perluasan jaringan tapi hanya 2 atau 3 tiang bisa diupayakan lebih cepat.

Tapi kalau daerah terpencil yang jauh dari  jaringan tentunya perlu ada rencana dan anggaran untuk melistriki daerah tersebut. (NDW/IGW)
Terpopuler