Sukses

26 Juta Orang Berkeliaran di Jakarta Setiap Hari

Jakarta sebagai ibukota negara tentu menjadi jantung dari kegiatan perekonomian di Tanah Air. Wakil Menteri Perhubungan menyebutkan total jumlah perjalanan orang di Jakarta mencapai 26 juta sehari.

Jakarta sebagai ibukota negara tentu menjadi jantung dari kegiatan perekonomian di Tanah Air.  Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, menyebutkan total jumlah perjalanan orang di Jakarta mencapai 26 juta orang dalam sehari.

"Jumlah itu terdiri dari pergerakan dalam kota DKI sebanyak 19 juta orang per hari, dan pergerakan komuter 7 juta orang dalam sehari," kata Bambang  dalam acara seminar 'Mengurai Kemacetan Jakarta', di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Dari total perjalanan tersebut secara umum terbagi atas moda transportasi sepeda motor sebanyak 13 juta perjalanan orang per hari (51%), mobil pribadi 6,2 juta perjalanan orang per hari (24%), dan moda angkutan umum 6,6 juta orang per hari (26%)

"Jadi pergerakan sekitar 19,2 juta perjalanan per hari itu menggunakan kendaraan pribadi yang tersebar di jalan-jalan Ibukota," paparnya.

Tingginya pergerakan ini harus segera diatasi karena  jika tidak melakukan sesuatu maka Jakarta akan macet total pada 2014.

Oleh karena itu  untuk mengurai kemacetan perlu didorong kebijakan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi dan pengembangan lebih lanjut dari sistem angkutan umum masal.

"Restrukturisasi angkutan umum eksisting juga diperlukan," ungkapnya. (NDW/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.