Sukses

Pasang Listrik PLN Bisa Dilakukan Kapan Saja dengan Layanan AP2T

Pelanggan PLN dapat melakukan permintaan pasang baru, perubahan daya, maupun penyambungan sementara listrik kapan saja dan di mana saja karena kini sudah ada fasilitas AP2T.

PT PLN (Persero) meresmikan penggunaan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu (AP2T)  secara nasional (Go Live) untuk seluruh wilayah kerja PLN.

Dengan aplikasi  ini, pelanggan PLN dapat melakukan permintaan pasang baru, perubahan daya, maupun penyambungan sementara listrik kapan saja dan di mana saja.
 
Peresmian aplikasi tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan didampingi jajaran Direksi PLN serta Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) Muhammad Buldansyah pada Jumat (14/12/2012 di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam.
 
Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu ini memadukan seluruh proses bisnis tata usaha langganan PLN dengan sistem pengelolaan dan pengawasan pendapatan perusahaan (P2APST), sistem Enterprise Resource Planning (ERP), sistem listrik prabayar, sistem non-tagihan listrik, Contact Center 123 serta fitur lain sehingga  menjadikan pelayanan PLN lebih mudah, cepat dan pasti.

Dengan aplikasi ini, para pelanggan dan calon pelanggan PLN cukup menghubungi PLN lewat salah satu saluran Contact Center 123 (telepon 123, email pln123@pln.co.id, akun facebook pln123, dan akun twitter @pln_123) akan dilayani oleh para petugas PLN tanpa harus datang ke kantor PLN.

"Setelah melakukan registrasi, transaksi pembayaran dilakukan lewat bank atau ATM bank,"kata Nur Pamudji seperti dikutip dari siaran persnya.
 
Sebelum penerapan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat, sistem pelayanan PLN masih belum seragam, belum standar, dan belum terintegrasi secara terpusat. Selain itu, pihak manajemen PLN mengalami kendala dalam pengawasan dan pengelolaan pendapatan dari transaksi listrik secara real time dan online.
 
"Dengan AP2T pelangan PLN seluruh nusantara akan terlayani dengan terpusat dan standar, jadi perlakuan pelanggan PLN di seluruh indonesia itu sama dan akan terlayani dengan baik" ujar Nur Pamudji.

Sistem AP2T Nasional ini didukung oleh PT Icon+ yaitu Anak Perusahaan PLN yang bergerak dibidang telekomunikasi.

AP2T merupakan bukti upaya terobosan inovasi yang dilakukan PLN dalam peningkatan pelayanan kepada para pelanggan dengan memberikan kemudahan dan percepatan sistem pelayanan PLN kepada para konsumen setia di tanah air. (NDW/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.