Jam Perdagangan Saham Dimajukan Biar Tak Mengekor Singapura

  • Saham
  • 0
  • 19 Des 2012 12:54
Mulai 2 Januari 2012, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah waktu perdagangan menjadi lebih cepat. Kenapa jam perdagangan di percepat? Ini jawaban BEI.

Direktur PT Bursa Efek Indonesia Ito Warsito menyatakan ada beberapa pertimbangan dari perubahan jam bursa tersebut.

Pertama, penyelarasan pembukaan bursa di Indonesia dengan negara lain di kawasan Asia seperti Singapura dan Hong Kong.

"Selama ini bursa Indonesia terkesan mengekor Singapura dan Hong Kong, jika bursa di sana jatuh maka Indonesia juga jatuh," ujar dia, Rabu (19/12/2012).

Pembukaan bursa juga bertujuan menjadikan para fund manager membuat strategi yang sama bagi perdagangan saham di Indonesia. Karena fund manager dipastikan harus membuat strategi bersamaa ketika pasar Singapura maupun Hongkong dibuka.

"Jadi Pembukaan bursa lebih awal untuk menyelaraskan dengan perdagangan di Singapura dan lainnya sehingga paling tidak mepet dengan mereka," jelas dia.

Keputusan perubahan jam bursa tersebut tertuang melalui surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor Kep-00399/BEI/11-2012 perihal Perubahan Peraturan Nomor II-A tentang perdagangan efek bersifat ekuitas menyampaikan perubahan waktu perdagangan.

Perubahan waktu perdagangan tersebut dilakukan dalam rangka menyelaraskan waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia dengan bursa lain di kawasan regional dan memberikan tambahan waktu perdagangan bagi investor di Indonesia bagian tengah dan timur. (NUR/IGW)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler