by

3 Cara Mendapatkan Investor untuk Memodali Usaha Anda

  • Ekonomi
  • 0
  • 21 Des 2012 11:01
Setiap usaha kecil kendalanya umumnya sama saja, yakni permodalan dan pemasaran. Untuk mengatasi kendala permodalan ada tiga jawaban, yakni dengan dana pinjaman, dana investasi, atau dana hibah.

Walaupun berbeda nama dan mekanismenya, namun ketiga instrumen permodalan umum tersebut memiliki kesamaan, yakni bersifat investasi. Artinya bisnis yang menerima investasi harus memberikan keuntungan dan pertambahan nilai pada penanam modalnya.

Mendapatkan investor tentu saja bukan pekerjaan mudah. Untuk sedikit meringankan usaha Anda dalam mendapatkan investor, Anda perlu mengetahui lebih dulu sudut pandang mereka. Anda harus tahu faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mereka untuk berinvestasi.

Berikut ini 3 hal yang mempengaruhi keputusan investor sebelum mereka berinvestasi, dikutip dari Inc, Jumat (21/12/2012):

1. Hubungan kepercayaan

Banyak hal dalam bisnis yang diputuskan berdasarkan kepercayaan. Hubungan yang baik menghasilkan rasa saling percaya yang kuat. Kepercayaan yang kuat timbul karena Anda bisa menjaga kredibilitas pribadi Anda.

Apabila kredibilitas Anda belum teruji benar dan sulit meyakinkan investor akan kredibilitas Anda, maka sebaiknya carilah investor dari orang-orang terdekat Anda. Karena orang-orang terdekat kita berarti orang yang paling percaya kepada kita.

2. Pengalaman

Pengalaman bercerita lebih banyak bagi seorang investor daripada sebuah presentasi yang menggebu-gebu. Karena pengalaman adalah sebuah sertifikat tanpa wujud yang menunjukkan Anda sudah cukup belajar banyak.

Semakin lama usia bisnis Anda, semakin besar peluang mendapatkan investasi. Oleh karena itu apabila Anda masih belum juga mendapatkan investasi saat ini, bersabarlah. Cobalah bertahan selama mungkin karena pengalaman berbanding lurus dengan waktu.

3. Tunjukkan Anda punya motivasi untuk sukses

Kesuksesan investor adalah buah dari kesuksesan usaha yang mereka danai. Oleh karena itu semua investor pasti mendedikasikan diri untuk melihat usaha yang mereka modali sukses karena keuntungan mereka datang dari kesuksesan usaha yang mereka modali.

Itu artinya mereka juga harus memperhatikan motivasi sang penerima modal untuk sukses. Tunjukkan pada investor bahwa Anda sungguh-sungguh memimpikan kesuksesan. (LUK/IGW)

Comments
Sign in to post a comment