Sukses

Harga Rp 1,5 Miliar, Pembeli Eropa Pesan Ferrari Listrik Dahlan

Menteri BUMN mengklaim jumlah pemesan mobil listrik Ferrari 'Tucuxi' dari dalam negeri mencapai 100 unit. Bahkan terdapat pembeli dari Eropa yang berniat membeli mobil listrik ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengklaim jumlah pemesan mobil listrik berbentuk mirip Ferrari telah mencapai 100 unit. Pemesan mobil dengan nama Tucuxi ini berasal dari para pengusaha dalam negeri.

Tak hanya disitu. Mobil Ferrari listrik Tucuxi yang diproduksi di tanah air itu juga kedatangan peminat dari salah satu negara di Eropa.

"Saya sudah bertemu dengan duta besar (negara) Eropa," kata Dahlan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, (23/12/2012).

Menurut Dahlan, peminat dari Eropa ini berencana untuk membawa mobil karya anak negeri ini ke Eropa.

Terkait banyaknya pesanan tersebut, Dahlan menegaskan, penjualan Ferrari Tucuxi ini baru akan dilakukan jika mobil ini telah melalui tes ketangguhan hingga 1.000 kilometer.

Sementara proses produksi sendiri diharapkan sudah bisa dilangsungkan pada Mei 2013. Sebulan sebelumnya, Dahlan meminta agar Indonesia sudah bisa menghasilkan sendiri baterai untuk bahan bakar mobil listrik ini.

Selama proses pembuatan, Ferrari Tucuxi diklaim telah menghabiskan anggaran hingga Rp 3 miliar. Besarnya biaya pembuatan dikarenakan adanya proses penelitian yang harus dijalani.

Namun untuk tahap komersial, Dahlan perkirakan harga jual Ferrari Tucuxi ini bisa mencapai Rp 1,5 miliar. "Pasarnya kalangan terbatas," kata dia. (SHD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.