Sukses

Tiga Anak Usaha BUMN Melantai di Bursa pada 2013

Tiga anak usaha BUMN berencana go public pada tahun depan. Ketiga perusahaan pelat merah itu, yakni sayap usaha PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk.

Tiga anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana go public pada tahun depan. Ketiga perusahaan pelat merah itu, yakni sayap usaha PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis BUMN, Pandu Djajanto dalam paparan akhir 2012.

"Tiga anak usaha itu, seperti PLN Batam sudah siap melantai di bursa pada tahun depan," ungkapnya tanpa menyebut dua nama anak usaha Pertamina dan Garuda Indonesia, di Jakarta, Jumat (28/12/2012).   

Di sisi lain, Kementerian BUMN juga akan menggeber program privatisasi PT Pegadaian dan PT Pos Indonesia di 2013. Selain itu, melanjutkan program privatisasi PT Semen Baturaja yang sempat tertunda di tahun ini.

"Kami usulkan Pegadaian dan Pos Indonesia dalam privatisasi tahun depan melalui penawaran saham perdana atau Innitial Public Offering (IPO)," tuturnya.

Seperti diketahui, Pegadaian direncanakan melepas saham kepada publik sebesar 25%-30% dengan perkiraan perolehan dana Rp 5,3 triliun - Rp 6,4 triliun.

Dalam master plan Kementerian BUMN 2010-2014, perusahaan jasa gadai ini ditargetkan menggelar IPO di 2014. (FIK/NDW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.