Cara yang Dilakukan Orang Produktif Agar Hasilkan Uang & Bahagia

  • Ekonomi
  • 0
  • 31 Des 2012 10:57
Pernahkah Anda memperhatikan orang yang mengerjakan banyak hal dalam sehari dan tetap terlihat santai dan gembira? Itulah ciri orang-orang yang benar-benar produktif seperti Kevin Daum, salah satu penerima penghargaan "Inc. 500 Entrepreneurs". Kevin Daum adalah pembuat Video Marketing for Dummies yang amat laris itu.

Dengan riwayat pemasaran dan penjualan melebihi US$ 1 juta, orang-orang seringkali bertanya, takjub, bagaimana ia mengelola hal sebanyak itu dalam kesehariannya.

Di samping menulis dua kolom setiap minggu, ia juga rutin diundang menjadi pembicara setiap minggunya, membuat video, travelling, mengelola bisnis, menulis buku, menerima konsultasi dari lima perusahaan, membangun network, bersosialisasi, bersepeda, berlari, membaca, memasak, tidur enam hingga tujuh jam di malamnya, dan pergi berkencan dengan istrinya.

Ia mengaku untuk mendapatkan masa depan yang ia impikan membutuhkan level kegiatan seperti itu. Ia memiliki 24 jam yang sama dengan kita, namun sebelumnya ia memilih hanya melakukan aktivitas-aktivitas yang membuatnya memberikan hasil terbaik, dan tetap terlihat santai dan gembira.

Berikut ini enam tips dari Kevin dikutip dari inc, Senin (31/12/2012), agar Anda bisa lebih produktif lagi seperti dirinya. Ia berhatap tips ini bisa membantu Anda menghasilkan yang terbaik dengan waktu yang Anda miliki:


1. Tentukan prioritas Anda

Tentukan aktivitas yang paling Anda utamakan. Dengan usaha keras, Anda punya pilihan, kompetensi Anda semakin mendalam atau semakin melebar. Fokuslah dan habiskan waktu pada aktivitas yang menurut Anda paling menyenangkan dan produktif.

Bila Anda suka keluarga besar, maka ciptakan keluarga besar, tetapi ketahuilah bahwa anak-anak menuntut perhatian yang cukup dan Anda harus mengambil gaya hidup yang dapat memberikan waktu yang berkualitas untuk mereka, dan untuk Anda agar sama-sama terpuaskan.

Kevin memilih kehidupan sebagai konsultan karena ia suka bekerja dengan perusahaan, tetapi ia tidak ingin kehidupan sebagai CEO perusahaan besar. Pilihannya berdasarkan gaya hidup yang ia mau.

2. Lakukan Efisiensi

Anda tidak bisa melakukan semuanya dengan baik. Sesuatu yang Anda lakukan dengan baik biasanya memberikan Anda kesenangan yang lebih besar dan menuntut waktu yang lebih sedikit. Jangan mengambil dan memilih sesuatu yang sulit dipelajari bila Anda tidak mempunyai kapasitas yang cukup.

Desainlah kehidupan Anda agar sesuai dengan yang Anda inginkan, dan ketahuilah kapan Anda harus mengatakan tidak pada kesempatan yang ada di luar keinginan Anda. Bentuklah hiduplah dengan desain, bukan kegagalan.

3. Menyatukan aktivitas Anda

Banyak orang jadi gila saat mencoba membagi waktu antara keluarga, teman, kerja, bermain, dan sebagainya. Berhentilah mencoba menyeimbangkan waktu di antara mereka semua. Temukanlah cara untuk menikmati mereka semua dalam sebuah bentuk kombinasi.

Bangun kehidupan sosial dengan orang-orang di lingkungan kerja Anda. Temukan teman di kantor yang memiliki kesamaan minat dan kembangkan karir di sekitar orang dan aktivitas yang Anda sukai. Bila semuanya tidak bisa diseimbangkan dan Anda merasa tertekan, ubah saja cara Anda.

4. Mengelola aktivitas yang membuang waktu

Sosial media, teman, pegawai, teman kerja, dan para perengek umumnya dapat dikategorikan sebagai situasi tertentu yang bisa membuang waktu Anda yang berharga. Sediakan waktu sejenak untuk menghitung waktu yang mesti anda alokasikan untuk aktivitas-aktivitas Anda.

Batasi interaksi yang kurang suportif yang tidak membuat Anda bersemangat. Sosial media misalnya, bisa jadi sebuah lubang hitam untuk waktu dan produktivitas kita. Gunakan itu secukupnya dan jadikan alat untuk mendukung upaya keras dan kebutuhan sosial Anda, tapi menjauhlah dari permainan Farmville.

5. Jadilah pembelajar aktif

Anda akan mengira belajar adalah hal yang menuntut banyak waktu, tetapi sebenarnya sudah banyak ditemukan alat-alat dan cara cara baru untuk melakukan sesuatu yang bisa menghemat waktu Anda untuk tugas-tugas duniawi yang membebaskan Anda untuk mendahulukan prioritas Anda.

Selalu cari cara baru untuk menghemat waktu di mana pun dan apa pun bentuk kegiatannya. Selalu mencoba dan tinggalkan begitu Anda tahu kalau hal itu salah.

6. Tenangkan diri

Tidak perlu menyalahkan diri bila Anda tidak bisa melakukan semua hal yang Anda inginkan karena Anda sedang terlibat dalam suatu hal yang menuntut banyak perhatian. Bila itu terjadi, tidak berarti dunia berakhir hanya karena Anda meninggalkan sesuatu belum terselesaikan.

Rayakan progres yang sudah Anda buat dan terus lakukan perbaikan menuju bentuk produktif yang menyenangkan. Itulah mengapa membuat daftar dan menyilang item adalah kegiatan utama dari semua buku panduan produktivitas. Setiap pekerjaan yang terselesaikan adalah keberhasilan kecil yang mendekatkan Anda pada cara yang lebih besar.  (LUK/IGW)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler