Sukses

Ancol Bidik 15,7 Juta Pengunjung pada 2013

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) menargetkan jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sepanjang 2013 mencapai 15,5 juta-15,7 juta orang, atau naik 5%-7% dari realisasi tahun lalu.

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) menargetkan jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sepanjang 2013 mencapai 15,5 juta-15,7 juta orang, atau naik 5%-7% dari realisasi tahun lalu.

"Target itu akan dicapai seiring dengan beroperasinya sejumlah wahana baru," jelas Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi saat berbincang dengan liputan6.com, Selasa (1/1/2013).

Ancol  telah membuka beberapa wahana baru pada akhir tahun 2012. Salah satunya, wahana TreaureLand Temple of Fire yang berada di panggung Maksima Dunia Fantasi.

TreasureLand of Fire merupakan tayangan langsung (live show) dari Hollywood berbentuk teater yang menampilkan kisah petualangan Oklahoma Smith seorang arkeolog.

"Ada efek api, suara dan asap akan membuat anak-anak terdidik menjadi lebih heroik. Pertunjukannya seperti Indiana Jones," jelas dia.

Ancol juga menghadirkan wahana baru di Atlantis Water Adventures yaitu 'Crazy' Highest Longest Slide yang merupakan permainan Air dengan dua tabung seluncur air terbaru yang memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter. Papan luncur ini merupakan yang tertinggi dan terpanjang di Indonesia.

Tidak hanya berhenti di situ, Ancol juga telah menyiapkan dana Rp 200 miliar untuk membangun wahana baru yang disebut Indoor Dufan. Wahana ini ditargetkan beroperasi pada Juni 2014. Konstruksi proyek yang dibangun di bekas Wahana Ramashinta ini dimulai Juni 2013.

Sejumlah permainan disiapkan di Indoor Dufan seperti flum ride dengan tema ice age, airborn shot, teenage extreme sport, 3D immersion tunel, tontiki swing-boat dan hegee tower. Sejumlah restoran juga disiapkan sehingga ada meeting point yang dingin dan menarik.

"Nanti pada September 2013, akan ada Hello Kitty. Saya belum bisa cerita detil biar surprise," tutur dia.

Pembangunan Jaya Ancol memproyeksikan  pendapatan perseroan sepanjang  2013 mendekati Rp 1,3 triliun, naik dari proyeksi realisasi akhir tahun lalu sekitar Rp 1,14 triliun. Dengan laba bersih yang juga ikut meningkat menjadi Rp 190 miliar pada 2013, atau naik dari realisasi tahun ini berkisar Rp 170 miliar-173 miliar.

"Kontribusi sektor rekreasi terhadap pendapatan Pembangunan Jaya Ancol mencapai 70 persen," papar dia. (NDW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini