Sukses

Atambua akan Ditanami 1.500 Ha Tanaman Sorghum

Atambua adalah kering dan miskin di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste. Pemerintah akan menanam sorghum (tanaman pengganti tepung) di area seluas 1.500 hektar.

Atambua adalah kering dan miskin di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membantu masyarakat di daerah Atambua untuk menanam sorghum (tanaman pengganti tepung). Area persawahan yang diperlukan seluas 1.500 hektar.
 
Sorghum merupakan tanaman biji-bijian yang cocok ditanam di daerah beriklim panas dan kering. Di Indonesia sorghum dikenal dengan nama Cantel, yang bisa jadi pengganti tepung untuk bahan pokok.

"Kita akan bantu warga Atambua untuk tanam shorgum di lahan seluas 1.500 hektar, supaya perekonomian masyarakat miskin di daerah perbatasan, seperti Atambua dapat meningkat," kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (3/1/2013).

Untuk merealisasikan program ini, pihaknya sudah menyiapkan dana Rp 10-20 miliar.

"Kita sediakan Rp 10-20 miliar untuk program cocok tanam shorgum di Atambua. Dananya berasal dari Kementerian BUMN," imbuh Dahlan.

Dana tersebut, lanjutnya, juga akan digunakan untuk membangun pabrik pengolahan tepung sederhana. Pabrik tersebut direncanakan berdiri di dekat area persawahan tanaman shorgum.

"Selain pengolahan tepung, nantinya pabrik itu juga bisa memproduksi makanan ternak dari batang shorgum. Makanan ternak ini bisa menggemukkan sapi dalam waktu cepat," ungkap dia. (FIK/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.