10 Prediksi Ekonomi Mengejutkan Tahun 2013

on

Vice Chairman lembaga penasihat keuangan Blackstone, Byron Wien, mengeluarkan 10 prediksi mengejutkan yang bakal terjadi pada tahun 2013.

Wien yang merupakan mantan Chief US Investment Strategis dari lembaga keuangan terkemuka Morgan Stanley ini pernah membuat prediksi mengejutkan pada tahun 1986.

Dikutip dari laman businessinsider, Jumat, (4/1/2013), Wien yang meyakini 50% dari prediksi kemungkinan bisa terjadi, membuat laporan yang sedikit melenceng dari perspektif investor AS.

Wien menilai bursa saham AS pada tahun ini akan  terjungkap sementara harga komoditas melonjak.

Berikut adalah 10 prediksi mengejutkan yang dibuat Byron Wien:

1. Kemampuan memproduksi nuklir Iran makin meningkat

Iran telah mengumumkan bahwa mereka memiliki sumber daya uranium yang mampu memproduksi senjata nulir. Hal inipun diakui oleh lembaga Atomic Energy Agency.  Sanksi ekonomi, devaluasi nilai tukar, dan kondisi ekonomi dan diplomasi yang melemah tak menyurutkan program nuklir tersebut.

2. Indeks S&P 500 Anjlok ke level di bawah 1.300

Marjin keuntungan yang tertekan ditambah pertumbuhan pendapatan yang terbatas membuat indeks Standard & Poor's 500 melemah US$ 100 sekaligus mengecewakan pelaku pasar.

3. Saham keuangan terguling usai menguat di 2012

Saham sektor keuangan mengalami masa-masa berat setelah meraih keuntungan pada 2012. Kompetisi yang meningkat di bidang komersial dan investment banking, ditambah volume perdagangan yang turun, makin menekan keuntungan.

4. Minyak mentah jatuh ke level US$ 70 per barel

kubu Demokrat AS membuat keputusan mengejutkan dengan mendukung program ketergantungan impor minyak AS pada produsen Timur Tengah sebelum tahun 2020. Harga minyak mentah di West Texas Intermediate diperkirakan turun ke level US$ 70 per barel.

5. Kubu Republik mendesak reformasi imigrasi

Hal mengejutkan dari kubu Republik datang ketika mereka menjadi pimpinan dalam mendesak kebijakan imigrasi. Mereka mendukung rancangan undang-undang yang melicinkan jalan bagi imigran gelap memperoleh kewarganegaraan AS untuk satu dekade.

6. Indeks Shanghai terbang di atas 20%

Pemimpin baru China dianggap konsisten dalam mengimplementasikan kegiatan anti korupsi guna menopang pertumbuhan ekonomi di atas 7%. Program lain yang diusung adalah perbaikan program jaminan kesehatan dan pensiun.

7. Harga komoditas melonjak akibat perubahan iklim

Perubahan iklim kembali menjadi momok kegagalan sejumlah panen bahan pangan. Kondisi ini membuat harga daging dan biji-bijian meningkat signifikan.

8. Harga emas bertengger di posisi US$ 1.900 per ounce

Meski laju inflasi mulai jinak, harga emas kemungkinan bakal mencapai US$ 1,900 per ounce. Pemicunya seiring aksi sejumlah bank sentral yang ,menurunkan nilai tukar mata uang dan pasar keuangan yang makin berbahaya

9. Nikkei bakal meledak sementara Yen menciut

Perekonomian Jepang masih akan tetap bersemangat dan nilai tukar yen melemah ke level 100 terhadap dolar AS. Penguatan indeks Nikkei 225 melanjutkan kondisi serupa yang terjadi sejak November dan diperdagangkan di bawah level 12.000 seiring perbaikan ekspor dan kembalinya investor ke pasar saham

10. Pasar keuangan Eropa menurun 10% di tengah kelanjutan program penghematan

Permasalahan struktur yang dihadapi Eropa masih belum terselesaikan sepenuhnya. Resesi skala menengah yang berlangsung sejak pertengahan tahun lalu berlanjut pada 2013.

Credit Shd

Suka artikel ini?

0 Comments