Kenapa Orang Suka Pakai Kartu Kredit?

on Jan 14, 2013 at 05:40 WIB

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang sering digunakan masyarakat. Tidak hanya sekedar mengikuti tren, namun kepemilikan kartu kredit saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat.

Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, Steve Marta, minat masyarakat terhadap kepemilikan kartu kredit terus meningkat. Hingga akhir tahun lalu, jumlah kartu kredit yang sudah beredar di Indonesia sekitar 15,5 juta -15,6 juta.  
 
"Kalau dilihat pertumbuhannya sekitar 12% per tahun," jelas Steve saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (14/1/2013).

Lalu apa yang membuat masyarakat senang menggunakan kartu kredit?

Steve menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Pertama, untuk mempermudah transaksi pembayaran. Tanpa perlu membawa uang tunai kemana-mana, pemilik kartu kredit bisa melakukan transaksi pembayaran.

"Lebih fleksibel," ungkap dia.

Alasan kedua, teknologi yang berubah membuat pola hidup berubah. Saat ini dalam sejumlah transaksi pembayaran hanya bisa dilakukan pakai kartu kredit. "Faktor terakhir, banyaknya promo sering diluncurkan bank bagi para pengguna kartu kredit," jelas dia.

Hal senada diungkapkan Tri Hapsari. Pengguna kartu kredit sejak dua tahun lalu ini menilai lebih fleksibel jika melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

Selain itu,  transaksi menggunakan kartu kredit ada jeda waktu satu bulan sebelum transaksi ditagihkan kepada Anda.  Sedangkan jika memakai kartu debit langsung memotong saldo di rekening di bank.

"Kalau tidak punya uang tunai yang cukup, bisa pakai kartu kredit dulu. Kan dibayarnya baru bulan depan," jelas dia.

Pengguna kartu kredit juga bisa mendapatkan diskon untuk pembelian produk tertentu. "Selain itu, bayarnya juga bisa dicicil dan bunganya cukup rendah," ungkap Tri yang memiliki lebih dari dua kartu kredit.

Pemilik kartu kredit lainnya, Abdul Wahid menuturkan dirinya memilih menggunakan kartu kredit karena tidak perlu ribet membawa uang banyak. "Banyak promo juga. Kalau lagi tidak ada duit, saya bisa ambil uang tunai juga," paparnya. (NDW)

Credit Ndw

Suka artikel ini?

0 Comments