Sukses

Produksi CPO Indonesia Masih Kalahkan Malaysia

Indonesia masih mengungguli Malaysia untuk produksi CPO pada tahun ini. Produksi CPO negara jiran tersebut diperkirakan hanya mencapai 18,9 juta ton, llebih rendah dari Indonesia yang sebesar 28 juta ton.

Indonesia masih mengungguli Malaysia untuk produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) pada tahun ini. Produksi CPO negara jiran tersebut diperkirakan hanya mencapai 18,9 juta ton, naik tipis 0,53% dibandingkan 2012 yang sebesar 18,8 juta ton.

Direktur Jenderal Minyak Sawit Mentah Malaysia, Choo Yuen Mei, mengatakan kenaikan produksi itu tertopang 5,1 juta hektare (ha) lahan negara yang segera berproduksi. "Produksi CPO Malaysia naik sedikit tahun ini," ujar dia seperti dilansir the sundaily, Senin (14/1/2012).

Malaysia selama ini memang menjadi produsen CPO terbesar kedua setelah Indonesia di dunia. Sementara pengusaha CPO Indonesia akan menggenjot produksinya tahun ini menjadi 28 juta ton atau naik 5,7% dibandingkan realisasi 2012 sebanyak 26,5 juta ton.

Estimasi kenaikan produksi mengacu adanya penambahan tanaman baru. Seperti pada 2102, peningkatan produksi sawit merupakan hasil panen sawit yang di tanam sejak 2008.

Ketua Bidang Pemasaran Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Susanto, menjelaskan produksi sawit sejak penanaman awal akan terus bertambah tiap tahunnya.

"Sawit di tahun pertama panen hanya mampu menghasilkan 7 ton tbs. Tahun kedua hasilnya naik jadi 12 ton tbs. Tahun ketiga meningkat jadi 16-17 ton tbs. Dan ditahun keempat bisa mencapai 20 ton tbs," jelas  pada pekan lalu. (Nur/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.