14 Proyek Besar Pemerintah Dikerjakan Tahun Ini

  • Ekonomi
  • 0
  • 15 Jan 2013 16:07

proyek-besar-pemerintah130115b.jpg
Sebanyak 14 proyek besar akan dikerjakan pemerintah yang menjadi program dari  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Proyek tersebut diharapkan akan masuk dalam tahapan penawaran yang sudah jelas.

Adapun proyek itu antara lain meliputi:
-  Kereta dikawasan industri Cikarang
- Pengembangan bandara Soekarno Hatta
- Monorel di Makassar
- Pelabuhan Cilamayu di Jawa Barat.
- Pengembangan Bandara Kualanamu Medan
- Air minum di Bali

Deputi Bidang Pendanaan Infrastruktur Bappenas Bastary P Indra mengatakan, bahwa tahun ini sudah bisa ditransaksikan 14 proyek, diharapkan sudah masuk ke dalam penawaran dan tahap-tahap lain yang akan dilaksanakan.

"Maka dari itu, 14 proyek yang sudah masuk di tahun 2013 akan beres dan masuk ke proses transaksinya, seperti lima show cash project ialah terminal kapal pesiar, pengembangan bandara Kualanamu Medan, air minum di bali, Bali water supply, dan pengembangan bandara Soekarno Hatta," ujarnya saat press conference di Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang IT, Telekomunikasi, Penyiaran, Ristek Kadin Indonesia Didie Soewondho mengatakan, bahwa mengajak para pengusaha swasta untuk turut serta masuk kedalam proyek infrastruktur.

"Jadi sistemnya akan transparan, perlu dijunjung tinggi oleh investor asing, swasta, maupun pemerintah beserta pengerjaan tender proyek untuk mencapai percepatan pembangunan infrastruktur di tahun 2013," jelasnya.

Indonesia Infrastructure Conference and Exhibition 2013

Dalam upaya memenuhi tantangan tersebut, pemerintah bersama-sama dengan sektor swasta berupaya untuk meningkatkan kapasitas industri strategis sehingga mereka dapat merespons sesuai dengan lanskap domestik yang selalu berubah.

Indonesia Infrastructure Conference and Exhibition 2013 (IIICE 2013) tahun ini dirancang untuk mendukung arah yang lebih penting.

"Untuk IIICE 2013 akan mengusung tema Membangun Industri-Industri yang Dapat Memenuhi Permintaan Infrastruktur dalam MP3EI," ujar Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Suryo mengungkapkan, bahwa Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) menawarkan berbagai proyek dengan nilai gabungan lebih US$ 180 miliar untuk periode 2011-2025. Proyek-proyek yang memiliki harga sekitar US$ 50 miliar sudah berada dalam pengembangan.

IIICE tahun ini Kadin menjadi tuan rumah bersama dengan pemerintah daerah, akan memiliki agenda yang diperluas, tidak hanya memperkenalkan proyek-proyek yang tersedia untuk para investor potensial seperti di tahun-tahun sebelumnya.

"Pada IIICE 2013, kita akan menyelami lebih dalam, menyentuh isu-isu seperti faktor pendukung yang dapat berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur. Kami akan memperluas showcase ke industri pendukung lokal, yang memiliki peran penting dala keberhasilan pemenuhan proyek-proyek infrastruktur," jelasnya. (Dis/Igw)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler