Bentuk Perum Navigasi, RI Buat Sejarah Industri Penerbangan

  • Ekonomi
  • 0
  • 16 Jan 2013 13:41

navigasi-jasa130116b.jpg
Pemerintah akhirnya resmi memiliki satu perusahaan yang khusus melayani jasa navigasi di tanah air. Lewat Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) seluruh jasa layanan ini akan terintegrasi dalam satu organisasi.

Dalam catatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perusahaan penyelenggara jasa navigasi di tanah air dilakukan 7 perusahaan. Ketujuh penyelenggara itu antara lain PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura I, UPT Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, serta di sejumlah bandara udara khusus. "Kami berharap keseriusan dari LPPNPI," kata Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, Rabu, (16/1/2013).

Dia menilai pembentukan lembaga baru uni merupakan tonggak sejarah bagi industri penerbangan nasional. Pertama kalinya, Indonesia memiliki satu perusahaan yang khusus melayani jasa navigasi di seluruh kawasan di tanah air. "Nantinya hanya akan ada single provider navigasi di Indonesia," tegas dia.

Mangindaan mengakui, industri penerbangan nasional terus mengalami peningkatan seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang membaik. Jumlah penumpang yang melalui Bandara di Indonesia tercatat mencapai 68 juta orang per tahun dan terus meningkat sekitar 17%.

Kenaikan juga dialami pada rute penerbangan yang terus meningkat. Pada 2011, penerbangan di Indonesia melayani 222 rute dan meningkat menjadi 249 rute pada 2013.

Pada kesempatan tersebut, Mangindaan berpesan agar jajaran direksi dan pengawas LPPNPI dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab, dirinya dan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merasa bertanggungjawab terhadap keputusan penunjukan para pejabat tersebut.

Berikut adalah susunan dewan pengawas dan dewan direksi LPPNPI:

Dewan Pengawas
1. Bambang Hari Bakti
2. Muhammad Koerur Roziqin

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ichwanul Idrus
Direktur Safety dan Standar: Wisnu Darjono
Direktur Personalia dan Umum: Saryono
Direktur Teknik Navigasi Penerbangan: Fadli Soesilo
Direktur Keuangan: Sonatha Halim Jusuf
Direktur Manajemen Lalul LIntas Penerbangan: Amran
Direktur Service Development dan IT: Hartaty Manulang

(Shd/Nur)
Terpopuler