Ini Lokasi yang Diincar untuk Bandara Internasional Karawang

  • Ekonomi
  • 0
  • 16 Jan 2013 15:41

bandara-karawang130116b.jpg
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan Bandar Udara (Bandara) baru di wilayah Karawang, Jawa Barat. Bandara skala internasional ini diharapkan bisa membantu mengurangi beban penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Untuk Bandara Karawang, alternatif lokasi lain ada," kata Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu (14/1/2013).

Sekadar catatan, bandara Soekarno Hatta hanya sanggup menampung 70 juta penumpang, khususnya setelah ada pembangunan runway 3 Soekarno Hatta. Untuk mengatasi lonjakan penumpang di tahun 2015, pemerintah harus menambah pembangunan bandara di tempat lain, terutama di Karawang Jawa Barat.

Pembangunan Bandara ini rencananya akan melewati tiga fase utama. Untuk fase pertama, bandara baru ini akan berkapasitas 30 juta penumpang. Namun hingga 2015, kapasitas bandara akan dinaikkan hingga 100 juta penumpang.

Menurut Mangindaan, pemerintah saat ini masih melakukan studi kelayakan mengenai pembangunan Bandara Karawng. Dalam proses tersebut, penentuan lokasi akan memperhatian rencana tata ruang wilayah (RTRW) Jawa Barat.

Untuk sementara, tim mengaku membutuhkan lokasi pembangunan Bandara yang dekat lokasi pelabuhan Cimalaya dan kawasan industri.

"Bandara ini memang sudah lami kami rencanakan tapi memang terhambat," ujar Mangindaan.

Dia memastikan, pembangunan Bandara baru ini takkan mengorbankan lahan-lahan yang selama ini dikhususkan menjadi areal pertanian. "Yang penting itu," tegas dia. (Shd/Ndw)

Credit: Ndw

Terpopuler