Sukses

Harga Turun, Tambang Batu Bara di Kalimantan Banyak yang Tutup

Pelemahan harga batu bara di pasar internasional telah membuat banyak pengusaha di Kalimantan menutup tambang batu bara miliknya.

Pelemahan harga batu bara di pasar internasional telah membuat banyak pengusaha di Kalimantan menutup tambang batu bara miliknya.

"Di daerah Kalimantan sudah banyak tambang yang tutup karena harganya rendah," jelas Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara, Kementerian ESDM Edi Prasodjo, Rabu (16/1/2013).

Namun, Edi enggan menyebutkan berapa jumlah tambang yang tutup dan volume produksi batu bara dari seluruh tambang tersebut.

"Datanya di daerah karena kebanyakan yang tutup itu pemegang izin usaha pertambangan (IUP)," ungkap dia.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Supriatna Suhala sebelumnya menuturkan perusahaan-perusahaan kecil memang banyak bermunculan saat hargai batu bara naik signifikan beberapa tahun lalu.

Saat harga batu bara turun seperti saat ini perusahaan batu bara merugi karena tidak dapat menutupi biaya produksi.  "Kalau harga naik, nanti mereka akan beroperasi lagi,"tuturnya. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.