by

Pembangunan MRT Diperpanjang Hingga Kawasan Kota

  • Ekonomi
  • 0
  • 16 Jan 2013 21:18
Pemerintah memutuskan rute angkutan moda transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT) bakal berlanjut sampai ke daerah Kota, Jakarta Pusat. Sehingga nantinya pembangunan rute tidak hanya berhenti di Bundaran Hotel Indonesia (HI).
 
"Kami sudah bicarakan soal proyek MRT dan ini akan dilanjutkan ke Kota, bukan di HI saja," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Rabu (16/1/2013). 
 
Dengan begitu, MRT akan melewati jalur Lebak Bulus - HI - Kota. Seiring dengan keputusan ini, Hatta meminta agar pemerintah provinsi DKI Jakarta segara melaksanakan studi kelayakan terkait penambahan rute tersebut. 
 
"Jadi langsung dibuat studinya, lalu selanjutnya diteruskan lagi dengan proyek monorail," paparnya.
 
Gerak cepat pemerintah untuk merealisasikan proyek transportasi massal ini, dinilainya, menentukan keefektifan rencana tersebut dalam mengatas permasalahan kemacetan yang selama ini sering melanda kawasan ibukota. 
 
Dengan penambahan rute tersebut, pemerintah memperkirakan nilai investasi MRT bakal mencapai Rp 15,7 triliun. "Itu hanya estimasi, kalau untuk realisasinya saya rasa akan di bawah itu," terangnya.
 
Seperti diketahui, proses pembangunan proyek MRT sudah melewati tahap perubahan komposisi investasi antara pemerintah pusat dan pemda DKI dengan hasil 41% dan 51%. (Fik/Shd)
(Shd)
Comments
Sign in to post a comment