by

Jakarta Tak Mungkin Bangun Waduk

  • Ekonomi
  • 0
  • 18 Jan 2013 19:32
Banjir yang melanda kawasan ibukota semakin menegaskan perlunya pembangunan bendungan. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) rencananya akan mulai membangun sebanyak 13 bendungan di seluruh wilayah di tanah air.

Bahkan salah satu diantara bendungan yang akan dibangun tersebut adalah salah satu yang terbesar di tanah air.

Sayangnya untuk kawasan Jakarta, Kementerian PU menegaskan pembangunan bendungan tak mungkin bisa dilakukan. Ketiadaan lahan menjadi salah satu kendalanya.

"Secara struktural kami bangun tunggal. Tapi kami tegaskan tak bisa hilangkan banjir secara total," kata Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Alam Kementerian PU, Pitoyo Subandrio, di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Pitoyo menjelaskan, Bahkan, pemerintah sebetulnya pernah berencana membangun bendungan di seputar Jakarta. Sayangnya kawasan yang sebelumnya telah disiapkan justru telah berubah status.

"Dulu Pesona Kayangan yang di Depok sudah jadi perumahan, bahkan situ-situ atau waduk yang sudah ada dijarah rakyat di Situ Gintung. Itu sudah punah, sudah dibangun rumah mewah," ungkap Pitoyo.

Untuk saat ini, Pitoyo mengaku tengah mempersiapkan pembangunan waduk du dekat ibukota. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Proyek ini diakui masih dalam tahap studi mengungat dana investasi yang dibutuhkan terbilang besar. Dengan kapasitas 33 juta kubik, waduk Ciawi diperkirakan membutuhkan investasi hingga Rp 3,5 triliun kapasitasnya 33 juta kubik.

"Apalagi sudah mahal harga tanahnya" tegas Pitoyo.

Namun untuk pembangunan bendungan di luar Jakarta, pemerintah memastikan akan merealisasikan rencana tersebut.

Berikut adalah 13 bendungan yang akan dibangun pada 2013:

1. Waduk Tugu, Trenggalek Jatim,
2. Waduk Tukul, Pacitan Jatim,
3. Waduk Teritip, Balikpapan Kaltim,
4. Waduk Lola Sulut,
5. Waduk Tanju, Mila, NTB,
6. Waduk Karalloe Sulsel
7. Waduk Kreureuto, Kabupaten Aceh Utara,
8. Waduk Lausimeme Kota Medan, Sumut.
9. Waduk Kuningan Kab Kuningan, Jabar.
10. Waduk Diponegoro, Semarang Jateng.
11. Waduk Pidekso, Wonogiri Jateng,
12. Waduk Gondang ,Karanganyar,
13. Waduk Gongsengg, Boonegoro. (Shd)
Comments
Sign in to post a comment