Sukses

Jalan Tol Bandara Kuala Namu Digarap Hutama Karya

Pemerintah memutuskan untuk melakukan penunjukkan langsung ke perusahaan pelat merah PT Hutama Karya untuk pembangunan jalan tol menunju bandara Kuala Namu.

Pemerintah memutuskan untuk melakukan penunjukkan langsung ke perusahaan pelat merah PT Hutama Karya untuk pembangunan jalan tol menunju bandara Kuala Namu.

Bandar udara internasional Kuala Namu yang rencananya akan beroperasi Maret 2013 masih belum siap. Bandara ini masih memerlukan infrastruktur pendukung akses menuju bandar udara, seperti jalan tol dan rel kereta api.

Namun, sampai akhir bulan Januari 2013 ini perkembangan pembangunan infrastruktur bandara nyatanya masih jauh dari kata siap. Bahkan tender untuk pembangunan jalan tol saja masih dalam proses.

"Pembangunan jalan tol, lewat penunjukkan langsung yaitu pada PT Hutama Karya," kata Parikesit Suprapto, Staff Ahli Kementerian Negara  BUMN, Jumat (25/1/2013).

Kendati demikian, Parikesit menjelaskan Hutama Karya sebagai pengembang sekaligus pelaksana lapangan akan ditemani mitra kerja, yang saat ini sedang dalam proses tender.

Penunjukkan Hutama Karya dilakukan atas dasar kepemilikan, bahwa perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi ini adalah murni milik BUMN. Dengan kata lain belum menjadi perusahaan publik. Sehingga, Parikesit menilai penunjukkan ini efektif dan tepat.

Rencananya jalan tol akan dibangun dari Aceh sampai Lampung.

"Akan banyak ruas jalan tol yang dibangun, termasuk yang masuk ke bandar udara Kala Namu. Saat ini yang sudah siap adalah Medan-Binjai," jelas Parikesit .

Besarnya anggaran untuk satu ruas jalan tol ditaksir mencapai Rp 1 triliun.

"Total anggaran untuk keseluruhan ruas jalan tol yang dibangun bisa sampai Rp 200 triliun," ujarnya. (Est/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini