Sukses

Mendag: Ekspor CPO RI Tak Terganggu Aksi Proteksi AS

Kebijakan proteksi beberapa negara terhadap ekspor minyak sawit mentah (CPO) Indonesia, belum mengganggu aktivitas penjualan produk olahan perkebunan tanah air itu ke luar negeri.

Kebijakan proteksi Amerika Serikat (AS) terhadap ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Indonesia,  belum mengganggu aktivitas penjualan produk olahan perkebunan tanah air itu ke luar negeri.

"Kami belum akan mengambil langkah atau tindakan konkret, karena AS belum menunjukkan sikap protektif, berupa larangan maupun pembatasan CPO asal Indonesia," ujar Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Gita mengaku, pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak AS terkait pengujian Environmental Protection Agency (EPA) yang mengungkapkan kapasitas untuk reduksi karbon harus berada di bawah 25%.

"Sudah bicara dengan EPA. Katanya itu merupakan penjelasan ilmiah, dan kita akan olah lagi penjelasan tersebut sehingga kita bisa menentukan langkah yang harus dilakukan," tuturnya.

Sementara itu, Direkur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Imam Pambadyo, mengatakan pengujian tersebut belum sepenuhnya tuntas. Pengujian tersebut bersifat independen dan tidak masuk dalam kegiatan ekspor atau impor.

"Selama ini, perhitungan EPA cuma berdasarkan pada sumber kedua, bukan utama. Jadi biar EPA sendiri yang melihat langsung dan mereka pun belum menetapkan keputusan dari pengujian tersebut," ucap dia.

Iman menjelaskan, pihak AS mendelegasikan EPA untuk menguji reduksi karbon pada produk CPO dari . "EPA melakukan pengujian apakah biodisel yang berbasis CPO dihasilkan dari proses penurunan emisi gas buang yang sesuai atau tidak," pungkasnya.

Pihaknya berjanji akan segera meluruskan argumentasi atau hasil pengujian terhadap CPO Indonesia apabila hasilnya bertentangan dengan yang sebenarnya. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.