Sukses

PLN Bangun Kabel Listrik Bawah Laut Sumatera-Bangka 35 Km

PLN akan membangun kabel listrik bawah laut sepanjang 35 kilometer yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka pada tahun ini.

PT PLN (Persero) akan membangun kabel listrik bawah laut yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Bangka. Kabel itu akan membawa listrik sekitar 2x100 megawatt (MW) ditargetkan beroperasi tahun depan.

"Kontruksinya  tahun ini, nanti tahun depan sudah beroperasi. Panjangnya sekitar 35 kilometer," jelas Direktur Utama PLN Nur Pamudji, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Selain untuk melistriki masyarakat di Bangka, pembangunan kabel listrik itu juga untuk memenuhi pasokan listrik PT Timah Tbk (TINS). "Dirut PT Timah memang sudah meminta pasokan listrik ke PLN. Saat ini sedang dalam tahap penjajakan," tuturnya.

Direktur Utama PT Timah, Sukrisno menuturkan perseroan telah meminta pasokan listrik sebesar 23 MW ke PLN. Listrik tersebut akan digunakan untuk mendukung kegiatan operasional pabrik tin chemical yang dibangun perseroan.

"Sudah ketemu Pak Nur Pamudji, Insya Allah akhir 2013 sudah bisa masuk listrik itu. Paling lambat awal 2014," ungkapnya.

Opsi membeli listrik dari PLN karena perseroan membatalkan rencananya bekerja sama dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di kawasan industri Tanjung Ular Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Lebih cepat beli dari PLN, daripada bangun sendiri," jelasnya.(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini