by

Tol Nusa Dua Dirancang Termodern dan Terindah di Dunia

  • Ekonomi
  • 0
  • 01 Feb 2013 18:59

Perusahaan patungan tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasamarga Tol Bali, mengaku jalan tol yang akan membentang dari Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa bakal didesain modern dan berstandar internasional. Jalan bebas hambatan di atas perairan ini diprediksi mampu menyedot pengguna jalan hingga 39 ribu kendaraan.

"Jika jadi beroperasi pada Juli 2013, jalan tol ini akan menjadi jalan berkelas dunia yang indah dan modern,"  ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, dalam keterangan resminya di Bali, Jumat (1/2/2013).

Pada ruas jalan tol, lanjutnya, akan diberlakukan gardu tanpa orang yang memberlakukan kartu tol prabayar, E-Toll Card. Sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayananan lancar.

Jalan tol juga mampu merangsang pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya. Perkiraan awal, Wasta bilang, jalan tol hasil sinergi ketujuh BUMN itu diprediksi bisa mencapai 39 ribu kendaraan per har, termasuk kendaraan roda dua atau 22 ribu tanpa sepeda motor.

"Tarif tol yang akan dikenakan untuk golongan I sebesar Rp 10 ribu, II Rp 15 ribu, Rp 20.500 untuk golongan III, Rp 25 ribu golongan IV, golongan V Rp 30 ribu dan VI Rp 40 ribu," ungkapnya.

Untuk mempercepat pelaksanaan proyek tol Nusa Dua-Benoa, dibagi menjadi empat paket. Paket pertama jalan utama dan persimpangan sebidang dengan By Pass Ngurah Rai. Dikerjakan oleh joint operation Wijaya Karya, Adhi Karya, Hutama Karya dengan pimpinan kontraktor Adhi Karya.

Paket kedua rencananya dikerjakan oleh Waskita Karya, lalu paket ketiga dari jalan utama, simpang susun Ngurah Rai, jalan akses Ngurah Rai dan persimbangan sebidang dengan By Pass Ngurah Rai oleh ketiga BUMN yang sama dengan paket satu dan ditunjuk Hutama Karya sebagai pimpinan kontraktor.

"Paket keempat dikerjakan Waskita Karya dari jalan utama dan simpang susun Benoa. Pelebaran akses pelabuhan dan persimpangan pesanggan By Pass Ngurah Rai," pungkas Akhmad. (Fik/Shd)

(Shd)
Comments
Sign in to post a comment