Sukses

Puluhan Ribu Buruh akan Demo di 8 Kota Besar pada 6 Februari

Puluhan ribu buruh akan melakukan demonstrasi di delapan kota besar pada 6 Februari 2013. Ke-8 kota tersebut yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, Aceh dan Makassar.

Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan melakukan demonstrasi di delapan kota besar pada 6 Februari 2013.

Menurut Presiden FSPMI Said Iqbal, delapan kota besar tersebut yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, Aceh dan Makassar.

"Sekitar 50 ribu buruh akan melakukan demonstrasi di Jakarta, dan diikuti ribuan buruh di masing-masing daerah tersebut. Aksi ini dilakukan secara serempak," jelasnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (5/2/2013).

Khusus untuk di Jakarta, aksi demonstrasi akan dimulai pada pukul 10.00 WIB  di Bundaran Hotel Indonesia. Kemudian para demonstran akan melakukan long march ke Istana Presiden, lalu ke Gedung DPR RI di Jalan Gatot Subroto. Aksi massa ini akan diikuti 50 ribu buruh dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Dengan  tuntutan utama yang disebut jamsostum atau jaminan sosial dan tolak upah murah, yaitu menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014, menjalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015, pemberian upah layak berdasarkan 84 item komponen hidup layak (KLH) serta penolakan penangguhan upah minimum.

"Kami juga menolak komisaris PT Jamsostek, tolak Instruksi Presiden (Inpres) tentang Keamanan Nasional serta menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Organisasi Masyarakat," papar Said. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini