Sukses

Ini Tarif Monorel Tawaran Konsorsium BUMN

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyerahkan semua urusan tarif tiket transportasi monorel di Jakarta kepada pihak konsorsium Badan Usaha Milik Negara. Berikut besaran tarif tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan semua urusan tarif tiket transportasi monorel di Jakarta kepada pihak konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang akan melaksanakan pembangunan moda transportasi tersebut.

"Semua urusan tiket diberikan kepada pihak konsorsium BUMN, yang diketuai PT Adhi Karya. Pastinya mereka tidak mau merugi, dan juga sudah ada kalkulasi angkanya," ujar Jokowi, Kamis (7/2/2013).

Pada rencana awal pembangunan, ada sekitar 3 rute yang ditawarkan, yaitu Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang-Kuningan.

Adapun harga tiket yang ditawarkan pada tahap I :

a. Cibubur-cawang sepanjang 13,7 km, dengan harga tiker Rp 15.000 satu kali jalan.
b. Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,13 km, dengan harga tiket Rp 15.000 satu kali jalan.
c. Cawang Kuningan sepanjang 7,17 km, dengan harga tiket Rp 10.000 satu kali jalan.

Dia menilai Pemerintah Provinsi DKI tidak perlu terlalu ikut campur dalam pembangunan monorel tersebut. Pemerintah pusat dan Pemda Bekasi juga sudah tidak memiliki permasalahan dalam pengerjaan proyek monorel.

"Sudah tidak ada permasalahan lagi. Pihak Pemda Jabar sudah terbuka. Nanti akan ada ruang hijau yang bagus di stasiun," kata Jokowi.

Adhi Karya sebelumnya juga akan mengembangkan monorel lanjutan dari Tangerang-Palmerah, dan dilanjutkan dari Palmerah-Kuningan.

Jokowi juga menyetujui pelaksanaan proyek monorel lama, yaitu  membangun tiang-tiang monorel yang sudah lama terbengkalai.

Salah satu penggarap proyek monorel adalah PT Jakarta Monorel yang akan bekerja sama dengan perusahaan Kalla Group, di bawah naungan Jusuf Kalla. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.