Sukses

Akhir April, Tak Ada Lagi Calon Penumpang Batavia yang Terlantar

Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada lagi calon penumpang PT Metro Batavia atau Batavia Air, yang terlantar terhitung 30 April 2013.

Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada lagi calon penumpang PT Metro Batavia atau Batavia Air, yang terlantar terhitung 30 April 2013.

Hal tersebut seiring pailitnya maskapai nasional tersebut yang membuat banyak penumpang kesulitan karena sudah terlanjut memesan penerbangan melalui Batavia Air.

"Tidak akan ada lagi penumpang Batavia Air yang terlantar terkait masalah pailit tersebut, "ujar Direktur Angkutan Udara Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo, Jumat (8/2/2013).

Dia menjelaskan, upaya pemerintah memberikan kepastian bagi calon penumpang Batavia dengan jalan menambahkan frekuensi penerbangan kepada maskapai, yang bersedia membantu angkutan penumpang Batavia yang terlantar.

Tenggat waktu 30 April merupakan saat di mana penumpang bisa diangkut kembali sesuai reservasi yang ada.

Djoko menyatakan untuk maskapai yang bersedia membantu Batavia Air, akan tetap lebih dahulu mengutamakan penumpangnya.

"Nanti maskapai yang bersedia membantu, maka akan diutamakan penumpangnya. Hal itu yang akan diutamakan," tegas dia.

Batavia Air diajukan pailit oleh perusahaan sewa guna pesawat International Lease Finance Corporation (ILFC).

Pihak ILFC dalam tuntutannya No.77/Pailit/2011/PN.Niaga. Jkt.Pst meminta majelis hakim pada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk menyatakan maskapai penerbangan tersebut pailit.

Pihak ILFC, dalam berkas permohonan yang diajukan ke pengadilan, menyatakan operator penerbangan Batavia Air itu memiliki utang jatuh tempo tertanggal 13 Desember 2012 sebesar US$ 4,68 juta.

Utang tersebut diyakini berasal dari kewajiban pembayaran sewa, cadangan (reserves), dan bunga keterlambatan. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.