Sukses

Ini Cara Ampuh untuk Bangun Jaringan Bisnis

Punya banyak teman di Facebook, follower di Twitter, dan LinkedIn, tapi online shop masih saja sepi? Jangan-jangan ada yang salah dengan cara Anda dalam membangun jaringan.

Punya banyak teman di Facebook, follower di Twitter, dan LinkedIn, tapi online shop masih saja sepi? Jangan-jangan ada yang salah dengan cara Anda dalam membangun jaringan.

Sebuah jaringan bisnis bukanlah tentang berapa banyak orang tahu nama Anda, melainkan tentang berapa banyak orang yang akan mengirimkan pelanggan atau membantu Anda memajukan karir Anda.

Facebook, Twitter, dan LinkedIn adalah alat yang berguna, tetapi membangun jaringan bisnis membutuhkan sentuhan pribadi.

Joanne Black, penulis buku best seller No More Cold Calling, mengklasifikasi ada empat jenis orang yang akan mempercayai Anda, seperti yang dikutip dari inc.com, Sabtu (9/2/2013), sebagai berikut.

1. Pelanggan

Klien yang puas telah melakukan bisnis cukup dengan Anda, mereka akan tahu, dan tidak ragu lagi bahwa Anda adalah sumber daya yang berharga dan terpercaya.

2. Teman dekat dan keluarga

Anda boleh berharap banyak dari kawan-kawan karib Anda. Mereka tahu Anda bisa dipercaya. Untuk itu, gunakan koneksi mereka untuk membantu Anda memperluas pasar.

3. Pelanggan baru yang dapat rekomendasi dari pelanggan lama

Link ini bisa dibilang sedikit lebih lemah. Tapi tak ada salahnya dicoba, karena mereka masih memiliki sisa kepercayaan dari cerita-cerita pelanggan lama Anda.

4. Individu baru yang muncul setelah berjumpa dengan kategori tiga

Jika Anda membangun hubungan pada saat ini, orang-orang mulai berfungsi seolah-olah mereka berada di kategori tiga, sehingga menciptakan kesempatan jaringan lebih.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk membangun jaringan bisnis?

Yang pasti, langkah pertama untuk menarik keluar jaringan bisnis Anda adalah mendapatkan kategori satu dan dua. Kelompok satu dan dua akan mengantar Anda ke kategori tiga.  Dan seterusnya, setelah bertemu dengan kategori tiga, Anda bisa ekspansi ke kategori empat.

Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, adalah dalam proses ini Anda tidak menjual sesuatu. Proses ini lebih mengarah pada menciptakan dan memperkuat hubungan sosial. (Est/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.