Sukses

Garuda Indonesia Terbangi Enam Destinasi Baru

Garuda Indonesia menambah layanan penerbangan keenam destinasi baru di Eropa dan Timur Tengah melalui kerjasama codeshares agreement dengan Etihad Airways.

Maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, menambah layanan penerbangan keenam destinasi baru di Eropa dan Timur Tengah melalui kerjasama codeshares agreement dengan Etihad Airways sebagai bagian dari program perluasan jaringan penerbangan.

Keenam destinasi baru tersebut, yakni Frankfurt, Brussels, Milan, Dusseldorf, Munich, dan Bahrain mulai Januari 2013.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan perluasan jaringan penerbangan antara Garuda Indonesia dengan Etihad Airways melalui kerjasama codeshare tersebut mencakup destinasi-destinasi di Indonesia, Eropa, Timur Tengah, dan Australia.  

“Kerjasama codeshare yang ditandatangani sejak Oktober 2012 lalu telah berkontribusi signifikan dalam mempermudah akses para penumpang Garuda Indonesia dari Indonesia menuju 80 destinasi di 50 negara di dunia yang dilayani Etihad Airways,” ujar dia, Senin (18/2/2013). 
 
Dengan penambahan enam destinasi baru tersebut, hingga saat ini Garuda Indonesia telah menjadi marketing carrier untuk 13 destinasi yang dilayani Etihad Airways. Ketujuh kota lainnya adalah Abu Dhabi, London, Paris, Manchester, Moskow, Athena, dan Muscat. Penerbangan ke-13 destinasi tersebut dilayani Garuda Indonesia melalui hub Abu Dhabi.

Sementara itu, Etihad Airways hingga saat ini telah menjadi marketing carrier untuk 7 destinasi yang dilayani Garuda Indonesia, yaitu Denpasar, Manado, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Amsterdam, dan Abu Dhabi.  

Codeshare agreement tersebut juga merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan layanannya kepada pengguna jasa  sejalan dengan program "Quantum Leap 2011 – 2015", khususnya dalam  pengembangan jaringan atau network penerbangan.  

Sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kepada penumpang, Garuda Indonesia juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan Jakarta–Amsterdam via Abu Dhabi menjadi enam kali per minggu dari sebelumnya empat kali per minggu mulai 21 Juni 2013 mendatang.

“Selain itu, mulai Juni 2013  Garuda Indonesia akan melayani penerbangan Jakarta–Perth yang juga akan menjadi penerbangan codeshare antara Garuda Indonesia dengan Etihad.

Jadwal penerbangan ini akan disesuaikan dengan penerbangan dari dan menuju Abu Dhabi untuk memudahkan akses penumpang Garuda Indonesia dan Etihad Airways dari Timur Tengah, Eropa, dan beyond menuju Australia bagian barat maupun sebaliknya,” tambah Emirsyah.

President dan CEO Etihad Airways James Hogan menambahkan, kerjasama antara Etihad Airways dan Garuda Indonesia terus berkembang dan memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pengguna jasa kedua maskapai, melalui peningkatan jaringan penerbangan dan konektivitas antar kota serta fleksibilitas jadwal penerbangan.

 “Kerjasama ini tidak hanya dapat meminimalisir waktu tempuh dari dan menuju berbagai destinasi favorit penumpang menjadi hingga di bawah tiga jam, tapi melalui kerjasama ini penumpang juga dimungkinkan untuk menikmati layanan penerbangan dengan waktu tempuh tercepat antara Jakarta, Manchester, Jenewa, dan Brussel,” tambah Hogan.  

Selain itu, Hogan mengungkapkan, kerjasama strategis tersebut telah memberikan akses bagi Etihad Airways menuju enam juta wisatawan potensial di Indonesia sekaligus memperat kerjasama komersial di antara Indonesia dan negara-negara Timur Tengah di sektor minyak dan gas bumi maupun industri pertambangan di kedua wilayah. (Nur)     

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini